home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dua Tahun Tak Beri Hasil, Pencarian Pesawat Misterius MH370 Resmi Dihentikan

Rabu, 18 Januari 2017 13:29 by reinasoebisono | 1330 hits
Dua Tahun Tak Beri Hasil, Pencarian Pesawat Misterius MH370 Resmi Dihentikan
Image source: Newsweek

DREAMERS.ID - Pencarian pesawat Malaysia Airlines yang menghilang tanpa jejak pada 2014 lalu akhirnya resmi dihentikan. Hal ini diumumkan melalui e-mail kepada keluarga korban pesawat dengan nomor penerbangan MH370 tersebut.

Ketiga negara yang ikut terlibat dalam pencarian yaitu Malaysia, Tiongkok dan Australia menyatakan upaya pencarian berakhir pada Selasa (17/1) kemarin. E-mail resmi itu juga ditandatangi menteri transportasi ketiga negara di atas.

"Kapal pencari terakhir telah meninggalkan wilayah pencarian bawah laut hari ini," demikian isi pernyataan tertulis mengutip Tribunnews. "MH370 masih belum dapat ditemui di wilayah pencarian seluas 120 kilometer persegi di selatan Samudera Hindia,"

Meski begitu, pencarian ini tidak dihentikan selamanya, melainkan hanya sementara. Pengehentian ini dilakukan bukan tanpa rasa duka dan pertimbangan kuat. Namun pengecualian terjadi jika ada bukti terbaru yang bisa membantu pencarian pesawat tersebut di lokasi spesifik.

Baca juga: 5 Tahun Berlalu, Lima Teori Konspirasi Ini Masih Menghantui Hilangnya Pesawat MH370

"Meski segenap tenaga, ilmu pengetahuan, teknologi, dan bantuan pihak-pihak profesional terbaik sudah dikerahkan, upaya pencarian masih belum juga dapat menemukan pesawat itu," lanjut pernyataan tersebut.

Pesawat nahas tersebut mengangkut 239 penumpang yang hilang saat mengudara dari Kuala Lumpur menuju Beijing dan sempat menuai kontroversi karena radar menunjukkan MH370 melakukan manuver jauh dari rute.

Selama 2 tahun ini, sempat ditemukan puing-puing yang telah dikonfirmasi memang berasal dari pesawat tersebut, namun tak sedikit pula puing ditemukan masih berstatus ‘nyaris pasti’ dari pesawat Malaysia Airlines itu.

Berita terkait:
Temuan Serpihan Malaysia Airlines MH370
Serpihan Pesawat di Pulau Reunion Dipastikan Milik MH370
Puing di Mozambik Hampir Pasti Milik MH370
Inikah Penampakan Pesawat MH370 di Google Earth?

(rei)

Komentar
  • HOT !
      Setiap tahun, majalah TIME menerbitkan daftar 100 orang yang dianggap paling berpengaruh. Tidak mudah untuk masuk ke dalam daftar itu, karena semua yang terpilih dikatakan telah mengubah dunia dengan cara tertentu, terlepas dari konsekuensinya....
  • HOT !
    Belakangan ini hujan lebat melanda sejumlah wilayah di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Belum berakhir, BMKG memberikan peringatan bahwa cuaca ekstrem akan melanda hampir seluruh Indonesia selama sepekan ke depan....
  • HOT !
    Satuan Tugas Nasional Penanganan COVID 19 saat ini tengah mengembangkan teknologi masker kain yang memiliki lapisan sebanyak 5 lapis, untuk mencegah penyebaran virus corona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)