home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Deltacron Dikonfirmasi WHO, Apa Kata Satgas COVID-19?

Rabu, 16 Maret 2022 17:00 by reinasoebisono | 1004 hits
Deltacron Dikonfirmasi WHO, Apa Kata Satgas COVID-19?
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia telah mengonfirmasi adanya kemunculan varian virus baru, gabungan dari Delta dan Omicron yang kini disebut Deltacron. Hal ini dikonfirmasi oleh Pimpinan Teknis COVID-19 WHO Maria Van Kerkhove.

Konfirmasi adanya hibrida atau rekombinan varian Delta dan Omicron ini didasarkan laporan dari para ilmuwan. Melansir Kompas, Deltacron telah tercatat menyebar di berbagai negara termasuk Amerika Serikat, Perancis, Denmark dan Belanda.

Lebih detail, hal ini terungkap oleh WHO dalam media briefing pada 10 Maret 2022 dari hasil pertemuan Technical Advisory Group on Virus Converse Evolution atau grup penasehat teknis terkait evolusi virus yang terdiri dari para pakar virus di dunia.

Menanggapi hal ini, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan, bahwa penamaan resmi varian ini belum ditetapkan WHO. Data terkait karakteristik Deltacron juga masih terbatas.

"Varian GKA atau AY.4 BA.1 merupakan varian yang terindikasi memiliki percampuran genetik antara varian Delta dengan istilah 21J atau AY.4 dengan Omicron dengan istilah ilmiahnya 21K atau BA.1," papar Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan di kanal YouTube BNPB, Selasa (15/3).

Baca juga: Presiden Joe Biden Dites Positif Covid-19

"Dampak varian ini terhadap indikator epidemiologi maupun tingkat keparahan gejala belum dapat dipastikan dan masih terus diteliti," ungkap Wiku.

Sebenarnya, rekombinasi varian seperti Deltacron ini pernah terjadi di berbagai virus lainnya. Karena itu, Prof Wiku meminta agar tidak member ruang berbagai jenis virus untuk masuk maupun menyebar di dalam negeri dengan cara melindungi diri dan disiplin protocol Kesehatan.

"Jadi penting untuk dipahami, bahwa selama virus masih beredar apalagi dalam tingkat penularan yang tinggi, potensi terjadinya mutasi virus akan semakin besar," ucap Wiku.

"Di masa adaptasi ini, pencegahan penularan ini lebih banyak porsinya pada tanggung jawab setiap individu. Setiap orang wajib melindungi dirinya sendiri dan orang lain melalui disiplin protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak)," jelasnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
      Drama 'Extraordinary Attorney Woo' sukses mencuri perhatian global. Bersamaan dengan berbagai pujian yang diterimanya, drama yang mengangkat kisah pengacara autis pertama di Korea itu juga tidak lepas dari kritikan....
  • HOT !
    Netizen tanah air dihebohkan dengan kabar bahwa artis Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week di bawah nama perusahaannya PT. Tiger Wong Entertainment....
  • HOT !
    Jika di hari kemarin, Selasa (5/7) pemerintah meningkatkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jabodetabek ke level dua, kini kembali lagi ke level satu per hari Rabu (6/7) ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : BubleSya
Cast : Oh Sehun, Song Yoon Ji-OC,xiao luhan

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)