home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

15 Kalimat Dasar Bahasa Korea yang Wajib Kamu Tahu

Rabu, 18 Agustus 2021 16:40 by rizaluthfiah | 2897 hits
15 Kalimat Dasar Bahasa Korea yang Wajib Kamu Tahu
Image Source: Naver

DREAMERS.ID - Bagi para penggemar drama Korea maupun K-Pop, pasti sudah mengetahui banyak kosa kata bahasa Korea. Dan itu sangat dibutuhkan khususnya ketika kamu berencana untuk jalan-jalan ke sana atau sebagai pengetahuan.

Jika sulit untuk mencoba bicara panjang, setidaknya kuasai makna dan pengucapan bahasa Korea dasar. Yuk simak 15 kalimat dalam bahasa Korea yang wajib kamu ketahui, seperti dikutip dari laman The Culture Trip.

1. Annyeonghaseyo - Hai atau Halo

Annyeonghaseyo merupakan ungkapan yang paling umum digunakan siapa pun di Korea. Ada lusinan variasi untuk menjelaskan situasi dan tingkat penghormatan yang sedikit berbeda saat menggunakan kata tersebut.

Seperti untuk seumuran kamu bisa mengatakan 'Annyeong' atau'Annyeonghaseyo' dalam bentuk informal, sedangkan jika kepada yang lebih tua bisa mengatakan 'Annyeong Hasimnikka' atau formal.

Triknya adalah mengucapkannya dengan cepat dan mengucapkan suku kata bersama-sama.

2. Kamsahamnida - Terimakasih

Selain Annyeonghaseyo, Kamsahamnida mungkin ungkapan yang paling penting untuk dipelajari selama perjalanan Korea kamu. Kamsahamnida untuk formal, sedangkan 'Gomawoyo' versi informal seperti bersama teman-teman kamu. 

Gunakan persis seperti kata Terima Kasih pada umumya saat mendapatkan pujian, setelah mendapat pertolongan, dan menunjukkan rasa hormat kamu.

3. Bap Meogeo Seoyo - Apakah Kamu Sudah Makan?

Secara harfiah Bap meogeo seoyo berarti menanyakan "Apakah kamu sudah makan?" Frasa ini digunakan untuk menunjukkan kepedulian kamu terhadap kondisi orang di sekitar. Di Korea, makanan, khususnya nasi merupakan budaya dan tidak selalu mudah didapat karena kesibukkan warganya.

Jika seseorang menanyakan hal ini kepada kamu, cukup jawab “Nae, meo-geo-seo-yo” (Ya, saya sudah makan), yang merupakan respons yang diharapkan, bahkan jika kamu belum benar-benar makan apa pun. Atau jika belum bisa mengucapkan "Ani ajig an meog-eoss-yo".

4. Bangamsumnida - Senang Bertemu Dengan Kamu

Sama seperti di Indonesia, ungkapan ini harus digunakan setiap kali kamu bertemu dengan orang-orang baru yang belum kamu kenal sebelumnya. Dalam suasana formal, ungkapan ini biasanya disertai dengan membungkuk dan berjabat tangan untuk menunjukkan rasa hormat.

5. Jamsimanyo - Permisi/Sebentar

Kata Jamsimanyo yang diartikan sebagai tunggu sebentar adalah versi lebih sopan dibandingkan Jamkamanyo, yang juga memiliki arti sama. Jamsinmanyo terasa lebih halus dan sopan serta enak jika didengar.

Misalnya, kamu mencoba turun dari lift tetapi sedang ramai dengan kerumunan. Kamu bisa menggunakan frasa ini dengan sopan sambil melewati kerumunan tersebut.

6. Choesonghamnida/Mianhamnida - Maaf

Ada dua cara untuk meminta maaf dalam bahasa Korea. Yang pertama Choesonghamnida adalah kalimat permintaan maaf lebih hormat dan serius kepada orang tidak dikenal atau yang lebih tua secara usia maupun jabatan.

Sedangkan Mianhamnida biasanya digunakan kepada orang yang seumuran tapi belum bisa bicara informal, sesama orang muda, atau dalam situasi yang tidak terlalu formal.

7. Juseyo - Meminta

Baca juga: Intip Keseruan Belajar Bahasa Korea Bareng Oppa Korea

Kata Juseyo digunakan saat membuat permintaan sesuatu kepada orang lain dengan sopan. Jadi artinya adalah 'Tolong berikan aku..." atau "Aku ingin...". Tidak jarang kata ini dilakukan para idol untuk ber-aegyo.

Misalnya ingin minta tolong maka ucapkan "Dowa-juseyo". Atau sedang memesan sesuatu tinggal tambahkan objek yang diinginkan didepannya, seperti "Keopi juseyo" jika ingin membeli kopi.

8. Eodiyeyo - Dimanakah Ini?

Kata ini biasanya diungkapan saat kamu bertanya kepada seseorang di sekitarmu untuk bertanya kamu sedang berada dimana. Atau, ketika kamu sedang bingung menemukan tempat yang kamu cari, contohnya toilet maka ucapkan "Hwajangsil-eun eodiyeyo?"

Kamu juga dapat menggunakannya untuk mencari barang di supermarket, menemukan stasiun kereta bawah tanah terdekat, atau untuk mencari toko incaran saat berbelanja.

9. Eolmayeyo - Berapa Harganya?

Kata ini perlu kamu ketahui setiap pergi berbelanja, khususnya di pasar karena sebagian besar penjual adalah orang tua sehingga setidaknya harus bertanya dalam bahasa Korea. Seperti contohnya 'I gabangeun eolmayeyo?' artinya berapa harga tas ini.

10. Manhi Deuseyo - Makanlah Dengan Banyak

Mirip dengan "Selamat makan", ungkapan ini secara harfiah diterjemahkan menjadi "Makanlah dengan banyak". Ini adalah hal yang sopan untuk dikatakan saat menyajikan makanan kepada orang lain.

11. Jal meok-ge-sseum-ni-da - Saya Akan Makan Dengan Baik

Jika makan di rumah orang Korea, atau disuguhi makanan oleh orang Korea, gunakan frasa ini sebelum makan untuk menunjukkan penghargaan kepada tuan rumah. Ini mirip dengan mengatakan “Terima kasih atas usaha kamu. Aku akan makan enak karenamu".

12. Jal meo-geo-sseum-ni-da - Makanannya Enak

Setelah selesai makan, kamu harus mengucapkan Jal meo-geo-sseum-ni-da sebagai tanda bahwa kamu sangat menikmati hidangannya. Ini juga merupakan bentuk tata krama pasca mendapatkan makanan dari orang lain.

13. Saranghae - Aku Cinta Kamu

Ini adalah kata informal untuk mengatakan, "Aku mencintaimu" dan digunakan di antara orang-orang yang dekat, seperti kekasih, menjadikannya salah satu ekspresi yang paling umum digunakan dalam drama Korea. 

Jika seseorang mengatakan "Aku mencintaimu" dalam bahasa Korea, maka kamu dapat membalas dengan "Na-do sa-rang-hae", yang berarti "Aku juga mencintaimu". Untuk membuatnya menjadi pertanyaan (Apakah kamu mencintaiku?), katakan saja dengan intonasi naik (Sa-rang-hae?).

14. Gaseyo - Pergilah Dengan Hati-hati

Kata ini merupakan bentuk formal untuk menyatakan selamat jalan kepada temanmu, walau sedikit agak kasar. Tapi itu sebenarnya sangat sopan dan berarti kamu mendoakan orang lain agar perjalanannya aman ke mana pun dia pergi. Kamu dapat menggunakan ini bahkan jika tidak tahu tujuan orang yang kamu ajak bicara.

15. Hwaiting - Kamu Bisa

Kata ini berasal dari istilah bahasa Inggris "fighting" yang umum digunakan orang Korea sebagai sorakan untuk memberikan semangat kepada orang lain. Apakah itu ketika menyemangati teman yang akan menghadapi tantangan, maupun mengucapkannya pada diri sendiri.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)