home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Melihat Tradisi Pergantian Tahun Baru Warga Korea Selatan

Jumat, 30 Desember 2022 17:15 by muthiasp | 850 hits
Melihat Tradisi Pergantian Tahun Baru Warga Korea Selatan
Image source: Pinterest

DREAMERS.ID - Setiap negara pasti memiliki tradisi sendiri dalam merayakan pergantian tahun, termasuk Korea Selatan yang kaya akan budaya. Ada sejumlah tradisi yang berusaha untuk terus dilakukan dan dilestarikan setiap pergantian tahun.

Bosingak

Bosingak merupakan tradisi pergantian tahun yang telah dilakukan sejak Dinasti Joseon. Bel raksasa akan dibunyikan oleh tokoh penting di Jongno, Seoul, sebagai tanda bahwa tahun telah berganti. Banyak warga biasanya akan memenuhi lokasi sekitar paviliun bel raksasa ini.

Melihat matahari terbit

Melihat matahari terbit di hari pertama tahun baru juga menjadi tradisi di Korea Selatan. Tahun 2023 ini, matahari terbit diprediksi dapat dilihat dengan langit yang cerah. Lokasinya beragam mulai dari pantai hingga pegunungan.

Sebae

Baca juga: Empat Aliran Sesat yang Diangkat dalam Serial Dokumenter 'In The Name of God: A Holy Betrayal'

Sebae adalah tradisi menghormati orang tua, di mana warga Korea Selatan akan mengunjungi rumah tetua untuk mengucapkan selamat tahun baru, ‘saehae bok mani badeuseyo’ atau artinya ‘semoga mendapatkan banyak rejeki untuk Tahun Baru’.

Makanan tradisional

Makanan tentu menjadi hal penting di pergantian tahun baru. Korea Selatan punya tradisi untuk menyantap tteokguk atau sup kue beras sebagai simbol keberuntunan dan awal yang baru. Selain itu, jeon dan japchae juga menjadi makanan wajib menyambut tahun baru di Korea.

Mainan tradisional

Korea Selatan memiliki beragam permainan tradisional yang biasanya dimainkan saat pergantian tahun baru, seperti yut nori, layang-layang, jegichagi semacam permainan bola kaki, permainan jungkat-jungkit neolttwigi, hingga go-stop yang sering muncul di drama Korea.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    ICC (International Criminal Court) atau Pengadilan Kriminal Internasional jadi perhatian dunia pasca mengeluarkan surat perintah penangkapan Presiden Rusia Vladimir Putin minggu lalu. Tak hanya Putin, tapi Komisaris Kepresidenan Rusia untuk Hak Anak Maria Lvova Belova juga mendapat surat penangkapan....
  • HOT !
    Dreamers Festival is back! Berangkat dari rasa terima kasih dan penghargaan kepada komunitas kami yang datang dari berbagai minat, mulai dari J Pop, K Pop, Hobbies maupun Society. Dreamers Festival 2023, sebagai annual event dan anniversary DREAMERS.id tahun ini mengangkat tema Celebrate Your Stan’!...
  • HOT !
    Vonis hukuman mati Ferdy Sambo diberikan karena terbukti melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat. Hakim menyebut motif pembunuhan tidak wajib dibuktikan dan kecil kemungkinan Yosua melakukan pelecehan terhadap istri Sambo, Putri Candrawathi seperti yang dituduhkan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : della15
Cast : Cho Kyuhyun, Shin Jihyun, and OC

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)