DREAMERS.ID - Survey dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata serta Yayasan Korea untuk Pertukaran Budaya Internasional menunjukkan bahwa K-pop masih terus menjadi image paling dikenal dari Korea di kalangan penggemar budaya Korea secara global.
Dalam Survei Hallyu Global 2025, yang berdasarkan data tahun 2024, 17,8 persen responden yang pernah merasakan budaya Korea menyebut K-pop sebagai hal pertama yang terlintas dalam pikiran mereka saat memikirkan Korea.
Diikuti oleh makanan Korea dengan 11,8 persen, drama TV dengan 8,7 persen, produk kecantikan dengan 6,4 persen, dan film dengan 5,6 persen. Untuk pertama kalinya sejak 2012, produk dan merek IT keluar dari lima besar, dengan peringkat 5,1 persen.
BTS menempati peringkat pertama sebagai grup K-pop paling populer untuk tahun ketujuh berturut-turut dengan 24,6 persen, diikuti oleh BLACKPINK dengan 12,3 persen. Member individu seperti Jungkook dari BTS dan Lisa dari BLACKPINK juga mendapat peringkat tinggi masing-masing dengan 1,8 persen dan 1,7 persen.
Secara keseluruhan, 70,3 persen responden menyatakan pandangan positif terhadap konten budaya Korea. Filipina mencatat tingkat kesukaan tertinggi dengan 88,9 persen, diikuti oleh Indonesia dengan 86,5 persen, India dengan 84,5 persen, dan Thailand dengan 82,7 persen.
Persepsi negatif terhadap Hallyu juga meningkat. Sekitar 37,5 persen mengatakan mereka memiliki pandangan tidak baik terhadap budaya pop Korea, dengan tingkat tertinggi di India sebesar 52,7 persen dan Uni Emirat Arab sebesar 52 persen.
Responden menghabiskan rata-rata 14 jam per bulan untuk mengonsumsi konten budaya Korea, naik 2,3 jam dari tahun sebelumnya. Drama dan acara variety adalah yang paling banyak dikonsumsi, masing-masing dengan 17,5 dan 17 jam.
Serial hits Netflix 'Squid Game' (2021-) menjadi drama Korea paling disukai untuk tahun keempat berturut-turut dengan 9,7 persen, diikuti oleh 'Queen of Tears' (2024) dengan 6,5 persen dan 'Crash Landing on You' (2019-2020) dengan 2,2 persen. Judul baru tahun 2024 seperti 'Lovely Runner' (2024), 'The Devil's Plan' (2023), dan reality show 'My Name is Gabriel' (2024) juga mendapat peringkat tinggi. Musim kedua 'Squid Game', yang dirilis pada akhir Desember, tidak termasuk dalam survei ini.
Survei ini dilakukan secara online dari 29 November hingga 27 Desember 2024, dengan 26.400 responden dari 28 negara. Filipina dan Hong Kong dimasukkan untuk pertama kalinya.
Kementerian Kebudayaan menyatakan akan menggunakan hasil survei ini untuk mendukung upaya promosi di luar negeri, termasuk pameran Hallyu dan inisiatif untuk meningkatkan industri budaya Korea.
(fzh)