home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

7 Perilaku Orang Korea Ini Dianggap Unik Oleh Orang Asing

Jumat, 09 Juli 2021 16:00 by rizaluthfiah | 36660 hits
7 Perilaku Orang Korea Ini Dianggap Unik Oleh Orang Asing
Image Source : creatrip

DREAMERS.ID - Siapa yang tak jatuh cinta dengan Korea Selatan? Negeri gingseng ini populer karena budaya dan kulinernya yang unik. Banyak orang dari seluruh dunia tergoda untuk berkunjung ke sana.

Namun pernahkah kamu membayangkan bagaimana perilaku penduduk Korea Selatan, yang dianggap unik oleh orang asing? Yuk disimak ulasannya berikut ini, melansir laman Creatrip.

1. Membangun Menara Batu

Jika kalian sering menonton K-Drama, pasti tidak asing dengan tempat ini bukan? Ini merupakan pemandangan umum di gunung atau di dekat kuil di Korea. Tradisi membuat pagoda batu sudah ada sejak lama di Korea. Ini karena orang Korea secara tradisional menyembah dewa gunung bahkan sebelum agama muncul.

Namun, tidak semua orang Korea membangun pagoda batu untuk memuja dewa gunung. Di zaman modern, tradisi ini terus berlanjut sebagai tindakan doa ringan untuk keberuntungan, kesehatan, dan kebahagiaan. Di luar itu, itu juga bisa menjadi tugas yang menantang dan bermanfaat bagi kamu untuk mengatur napas atau menenangkan pikiran.

2. Menaruh Tangan di Mesin Penjual Otomatis 

Sudah sering kita mendengar bahwa orang Korea sangat tidak sabaran. Faktanya, salah satu perilaku paling tidak sabar yang dapat kamu bisa lihat adalah saat orang-orang membeli kopi yang menggunakan mesin penjual otomatis.

Alih-alih menjatuhkan secangkir kopi seperti mesin penjual otomatis biasa, kamu harus menempatkan cangkir kertas kecil di bawah dispenser dan mesin akan menuangkan kopi panas. Belum selesai tertuang semua, kebanyakan orang Korea suka langsung memegang gelasnya.

Ini adalah perilaku berbahaya yang dapat mengakibatkan luka bakar atau cedera. Durasi waktu mesin kopi menuang kopi ke gelas memang singkat, sehingga kebanyakan orang akan memegangnya selama proses tersebut sampai penuh. Jika menarik terlalu cepat, kopi panas bisa saja tumpah ke tangan mereka.

3. Makan Nasi Saat Tulang Ikan Tersangkut di Tenggorokan

Sama seperti di Indonesia, Korea juga memiliki kebiasaan makan nasi ketika tersedak duri ikan. Ini berasal dari kebiasaan tradisional jaman dahulu. Jika kamu menelan segumpal nasi, itu dipercaya akan menempel pada tulang dan menyeretnya ke perut.

Sebenarnya ini perilaku yang tidak disarankan, karena berbahaya jika menelan banyak nasi sekaligus karena bisa mendorong tulang ikan lebih dalam. Jika ada tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan, minumlah air saja.

4. Memotong Daging Dengan Gunting

Baca juga: Dua Kafe Ini Jadi Tempat Jajan Bingsoo Populer di Busan

Bagi penggemar drama atau variety show Korea pasti sudah familiar dengan adegan memotong makanan dengan gunting, umumnya daging, yang menjadi kebiasaan orang di sana.

Daging biasanya dipotong-potong saat dipanggang supaya matang dengan sempurna sehingga dapat ditambahkan ke bungkus daun selada dan dimakan dalam satu gigitan.

Seperti ini, restoran daging Korea memiliki budaya memanggang irisan besar sehingga pelanggan bisa memotongnya sendiri dengan gunting. Jadi jangan kaget ya jika kamu makan di restoran Korea dan disediakan gunting.

5. Menusuk Tangan Dengan Jarum Untuk Mengatasi Sakit Perut

Menusuk ibu jari dengan jarum steril untuk mengeluarkan darah merupakan salah satu cara tradisional Korea. Meski tidak ada dasar medisnya, banyak orang Korea yang sebenarnya menggunakan cara ini untuk menghilangkan rasa tidak enak saat sakit perut.

Dipercaya bahwa garis vertikal dan horizontal dari kuku ibu jari bertemu disebut "darah kehidupan." Namun, metode ini tidak memiliki efek nyata, dan bahwa efek plasebolah atau penangan palsu yang benar-benar membuat kamu merasa lebih baik.

Darah gelap yang keluar setelah menusuk sudut jempol bukan menggambarkan kondisi kesehatan yang buruk, tetapi karena kamu memegang tangan kamu dengan erat sebelum menusuk jari kamu dengan jarum.

6. Menambahkan Lada Pedas Ke Soju Saat Flu

Satu lagi obat tradisional unik yang dipercaya orang Korea dapat menyembuhkan pilek yaitu pencampuran soju dengan bubuk cabai. Di masa lalu, ketika orang menolak minum dengan alasan pilek, mereka membuat ramuan ini. Namun dalam praktiknya, anak muda dalam beberapa tahun terakhir jarang menggunakan cara ini.

7. Mengoleskan Pasta Kedelai Saat Disengat Lebah

Metode ini juga tanpa dasar medis namun sudah lama dikenal efeknya dan sudah banyak digunakan.  Dahulu pasta kacang kedelai sangat dingin karena kendi tempat menyimpannya dikubur di dalam tanah, bukan ditaruh di lemari es.

Jadi sangat cocok untuk menurunkan suhu sengatan lebah atau luka bakar. Tetapi cara ini juga berpotensi menjadi sumber infeksi sekunder jika pasta kedelai masuk ke dalam luka. Tetapi sampai saat ini, obat tradisional ini masih digunakan oleh orang tua.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Pada bulan Mei lalu, sidang akhir diputuskan untuk menjatuhkan vonis seumur hidup kepada ibu angkat bayi Jung In bermarga Jang. Dalam sidang banding yang digelar baru baru ini pada 26 November, hukuman tersebut diringankan menjadi 35 tahun kurungan penjara....
  • HOT !
    Sangat disarankan untuk mengemudi dalam kondisi prima, bahkan tidak dianjurkan jika mengantuk sedikit pun. Pasalnya, pengemudi bisa saja mengalami microsleep yang tidak disadari dan memicu terjadinya kecelakaan....
  • HOT !
    Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 88 Tahun 2021 yang ditetapkan sejak 21 Oktober 2021, penumpang pesawat wajib melakukan tes PCR sebelum terbang. Aturan tersebut berlaku mulai Minggu, 24 Oktober 2021....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ghassanianna
Cast : Wooyoung, Hanna (karakter fiktif), Nichkhun, 2PM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)