home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mandi Keramas di Siang Hari Apakah Batalkan Puasa? Ini Penjelasannya

Kamis, 06 Mei 2021 21:00 by Rie127 | 463 hits
Mandi Keramas di Siang Hari Apakah Batalkan Puasa? Ini Penjelasannya
Image Source: Tirto

DREAMERS.ID - Selama bulan Ramadhan umat Muslin diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa dengan menahan rasa lapar, haus, hingga nafsu. Pada siang hari, umat Muslim yang berpuasa biasanya mengalami cobaan, dan merasakan haus terlebih jika cuaca sedang panas.

Dikarenakan tidak diperbolehkan makan dan minum, untuk mengurangi rasa panas tersebut, biasanya mereka memutuskan untuk mandi sekaligus keramas agar terasa lebih segar.

Lalu, apakah mandi di siang haru diperbolehkan ketika menjalani puasa? Jawabannya adala boleh, asalkan tetap berhati-hati agar tidak ada air yang tertelan saat membasuh tubuh.

Baca juga: Rekomendasi Tayangan Netflix Selama Ramadhan

Namun, meskipun diperbolehkan mandi terlalu sering juga tidak dianjurkan. Selain karena dikhawatirkan air yang digunakan untuk mandi tertelan, mandi terlalu sering hukumnya makruh.

“Sebagian ulama menganjurkan demikian (terlalu sering mandi saat puasa hukumnya makruh), sebaiknya tidak sering mandi agar puasa terasa ada sesuatu yang berat baginya, sebagai bentuk ibadah,” kata Kiai Ahmad Fahrur dikutip dari IDN Times.

Ia melanjutkan, “Namun dianjurkan tidak sering mandi agar berpuasa terasa betul bagi dia berat dan panas dahaganya,” lanjutnya.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
      Drama 'Extraordinary Attorney Woo' sukses mencuri perhatian global. Bersamaan dengan berbagai pujian yang diterimanya, drama yang mengangkat kisah pengacara autis pertama di Korea itu juga tidak lepas dari kritikan....
  • HOT !
    Netizen tanah air dihebohkan dengan kabar bahwa artis Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week di bawah nama perusahaannya PT. Tiger Wong Entertainment....
  • HOT !
    Jika di hari kemarin, Selasa (5/7) pemerintah meningkatkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jabodetabek ke level dua, kini kembali lagi ke level satu per hari Rabu (6/7) ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : BubleSya
Cast : Oh Sehun, Song Yoon Ji-OC,xiao luhan

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)