home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mandi Keramas di Siang Hari Apakah Batalkan Puasa? Ini Penjelasannya

Kamis, 06 Mei 2021 21:00 by Rie127 | 397 hits
Mandi Keramas di Siang Hari Apakah Batalkan Puasa? Ini Penjelasannya
Image Source: Tirto

DREAMERS.ID - Selama bulan Ramadhan umat Muslin diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa dengan menahan rasa lapar, haus, hingga nafsu. Pada siang hari, umat Muslim yang berpuasa biasanya mengalami cobaan, dan merasakan haus terlebih jika cuaca sedang panas.

Dikarenakan tidak diperbolehkan makan dan minum, untuk mengurangi rasa panas tersebut, biasanya mereka memutuskan untuk mandi sekaligus keramas agar terasa lebih segar.

Lalu, apakah mandi di siang haru diperbolehkan ketika menjalani puasa? Jawabannya adala boleh, asalkan tetap berhati-hati agar tidak ada air yang tertelan saat membasuh tubuh.

Baca juga: Larangan Buka Puasa Bersama Ditiadakan, Digantikan Dengan Syarat Ini

Namun, meskipun diperbolehkan mandi terlalu sering juga tidak dianjurkan. Selain karena dikhawatirkan air yang digunakan untuk mandi tertelan, mandi terlalu sering hukumnya makruh.

“Sebagian ulama menganjurkan demikian (terlalu sering mandi saat puasa hukumnya makruh), sebaiknya tidak sering mandi agar puasa terasa ada sesuatu yang berat baginya, sebagai bentuk ibadah,” kata Kiai Ahmad Fahrur dikutip dari IDN Times.

Ia melanjutkan, “Namun dianjurkan tidak sering mandi agar berpuasa terasa betul bagi dia berat dan panas dahaganya,” lanjutnya.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Politisi muda Korea Selatan, Ryu Ho Jung dari Partai Keadilan beberapa kali menjadi perbincangan publik. Baru baru ini, ia menuai kontroversi lantaran menggunakan foto foto Jungkook BTS dalam pengumuman berita penyusunan Undang Undang Tato....
  • HOT !
    Sungai Han atau Hangang tidak hanya menawarkan pemandangan indah, tetapi justru fakta mengejutkan baru saja terkuak dari hasil penelitian kandungan dalam air yang mengalir di sepanjang sungai....
  • HOT !
    Seorang mahasiswa kedokteran berusia 22 tahun bernama Son Jung Min ditemukan tewas di Sungai Han pada hari Jumat (30/4) setelah hilang selama enam hari, dan keluarganya sedang menunggu hasil otopsi untuk mengetahui bagaimana dia meninggal. Teman yang saat itu bersamanya dicurigai sebagai pelaku....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : kradmisaki
Cast : petclinic di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)