home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bocah 12 Tahun Jadi Ilmuwan Termuda Reaktor Nuklir, Masuk Rekor Dunia!

Senin, 12 Oktober 2020 15:50 by RizkiSetiawaan | 370 hits
Bocah 12 Tahun Jadi Ilmuwan Termuda Reaktor Nuklir, Masuk Rekor Dunia!
Image source: kumparan.com

DREAMERS.ID - Pada usia 12 tahun, anak-anak pada umumnya disibukan dengan bermain game, mengerjakan tugas sekolah, dan lainnya. Berbeda dengan Jackson Oswalt di usia 12 tahun sudah disibukkan dengan membangun reakor fusi nuklir.

Dengan kecerdasaan yang dimilikinya, ia berhasil mencatat Guinness World Record sebagai orang paling muda dengan usia 12 tahun yang berhasil membuat reakor fusi nuklir rumahan di kota Memphis Tennessee, Amerika Serikat.

Melansir Okezone, Jackson berhasil memadukan dua atom deunterium menjadi sekering meja kecil. Reaktor itu adalah perangkat yang memanfaatkan medan listrik untuk memanaskan ion hingga suhu ekstrem yang mampu memfasilitasi fusi nuklir.

Reaksi fusi nuklir sendiri adalah reaksi penggabungan inti atom ringan menjadi inti atom yang lebih berat dan menghasilkan energi. Reaksi fusi adalah reaksi yang terjadi di matahari dan bintang-bintang di alam semesta serta di dalam bom hidrogen. reaksi fusi biasanya terjadi dalam kondisi yang teramat ekstrim seperti di matahari yang terjadi pada temperatur yang tinggi.

Di dalam videonya ia mengatakan, “Saya bisa menggunakan listrik untuk mempercepat dua atom deuterium secara bersamaan sehingga mereka bergabung menjadi atom helium-3, melepaskan neutron dan energi yang dapat digunakan untuk memanaskan air dan menghidukan mesin uap yang pada gilirannya menghasilkan listrik.

Keberhasilnya dalam membangun reakor nuklir telah diverifikasi oleh banyak pihak, dan butuh 3 tahun Guinness World Records untuk memverifikasinya. Dengan adanya berita semoga menjadi inspirasi bagi para anak-anak di Indonesia.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Serial Netflix Korea, Hellbound, membuat penonton terkesima dengan ceritanya yang berbasis kemunculan fenomena supernatural dibarengi adanya kultus agama baru. Fenomena itu terbawa ke dunia nyata....
  • HOT !
    Korea Selatan mengalami peningkatan jumlah kasus baru COVID 19 tertinggi, hanya 17 hari setelah pemerintah menerapkan skema kembali ke normal. Krisis rumah sakit pun tidak dapat dihindari....
  • HOT !
    Perlahan tapi pasti, budaya Indonesia terus disebarkan di Korea Selatan. Sekarang giliran Gaun pengantin Bali yang dipajang di pameran Pavilion of Indonesia yang diadakan di museum budaya di Eunpyeong gu, Seoul barat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Nam Woohyun, Kim Hanbin, Hoshi, Hyungwon, Seolhyun, Bora, Eunha

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)