home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pecahkan Misteri Matematika 350 Tahun, Pria Ini Dapat Hadiah Rp 9 Miliar!

Minggu, 20 Maret 2016 19:00 by fzhchyn | 2344 hits
Pecahkan Misteri Matematika 350 Tahun, Pria Ini Dapat Hadiah Rp 9 Miliar!
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Pada abad ke-17, Pierre de Fermat, pakar matematika asal Prancis, mencetuskan sebuah teka-teki matematika yang tidak bisa dipecahkan oleh ilmuwan bahkan hingga 357 tahun setelahnya. Akhirnya, Fermat’s Last Theorem atau ‘Teorema Terakhir Fermat’ ini mampu dipecahkan oleh Andrew Wiles.

Di Indonesia, nama Andrew Wiles memang cukup asing, namun di Inggris dan Amerika, Wiles terkenal sebagai matematikawan spesialis teori bilangan. Di tahun 1994 silam, Wiles membuktikan bila teorema ini bisa dipecahkan. Dan berkat pencapaian hebatnya itu, di awal minggu ini Wiles menerima penghargaan matematika prestisius 'Abel Prize 2016' dari Norwegian Academy of Science and Letters.

Tidak hanya itu, bulan Mei nanti Wiles akan diundang ke Oslo, ibukota Norwegia untuk menerima hadiah uang hingga Rp 9,1 miliar! Hadiah itu adalah bentuk penghargaan atas keberhasilan memecahkan salah satu misteri terbesar di dunia matematika itu.

Baca juga: Bangga, Mahasiswa ITS Ini Raih Penghargaan Matematika di Kancah Dunia

Hebatnya, Wiles ternyata sudah dari usia 10 tahun bercita-cita memecahkan teorema Fermat. Ketika itu, Wiles terpukau ketika melihat untuk pertama kali teorema Fermat di sebuah perpustakaan.

Baru puluhan tahun kemudian, saat bekerja di Universitas Princeton, Wiles sukses memecahkan teorema itu. Kini, Wiles yang berusia 62 tahun meneruskan karir di Universitas Oxford.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)