home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Ada Sosok Wanita Lain Di Lukisan Fenomenal Monalisa?

Kamis, 10 Desember 2015 20:00 by reinasoebisono | 5961 hits
Ternyata Ada Sosok Wanita Lain Di Lukisan Fenomenal Monalisa?
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Berpuluh tahun para seniman dan peneliti seni mencari tahu siapa sebenarnya sosok yang dilukis Da Vinci, Monalisa. Tapi kemudian sebagian besar orang sepakat bahwa wanita pada lukisan itu adalah Lisa Gherardini del Giocondo, istri ke tiga dari pedagang sutera kaya raya dari Florence, Francesco del Giocondo.

Tak hanya perempuan dalam gambar Mona Lisa, senyum yang terukir dari sosok dalam lukisan itu juga mengundang berjuta tanya. Banyak yang menyebut senyum Mona Lisa bisa berubah-ubah. Sejumlah kesimpulan pun didapat, salah satunya menduga karena Da Vinci menggunakan teknik khusus dalam melukis.

Dan yang terbaru adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti asal Prancis, Pascal Cotte. Setelah meneliti lukisan paling terkenal itu selama 10 tahun, dia mengaku mendapat temuan sangat mengejutkan. Cotte menyebut ada gambar lain di belakang atau lebih tepatnya di dalam lukisan Mona Lisa.


Transformasi hasil pemindaian wajah di balik lukisan Monalisa (independent.co.uk)

Dalam penelitian itu, Cotte menggunakan teknik pemindaian multispektral. Dengan menggunakan panjang gelombang yang berbeda untuk menembus cat, Cotte bersusah payah menunjukkan bahwa di balik Mona Lisa terdapat perempuan lain di dalam lukisan itu. Studi Cotte mengklaim bahwa Da Vinci sebelumnya melukis sosok perempuan lain, yang diyakini sebagai sosok asli Mona Lisa.

“Kita sekarang dapat menganalisis apa yang terjadi di dalam lapisan cat dan kita dapat mengupas lukisan itu seperti lapisan bawang. Kita dapat merekonstruksi semua kronologi pembuatan lukisan,” kata Cotte, dikutip Dream dari The Telegraph.

“Ketika saya selesai merekonstruksi Lisa Gherardini, saya berada di depan potret dan dia benar-benar berbeda dengan Mona Lisa yang kita kenal hari ini. Ini bukan wanita yang sama,” tambah dia.


Sosok wanita yang diklaim Pascal Cotte berada di balik lukisan Monalisa (independent.co.uk)

Menurut Cotte, sosok wanita yang berada di balik lukisan utama itu memiliki kepala dan hidung yang lebih besar, tangan lebih besar, dan yang paling penting memiliki bibir lebih kecil daripada sosok Mona Lisa pada gambar yang terlihat selama ini.

Terkait penemuan ini, Museun Louvre tak memberi banyak komentar. Mereka menyatakan Cotte bukanlah bagian dari tim ahli mereka. Dan temuan Cotte ini tidak serta merta diterima oleh peneliti seni lain. Banyak juga yang mempertanyakan temuan ini.

Baca juga: Viral Transformasi Wanita Make-Up Ala Mona Lisa, Mirip Banget Bikin Pangling!

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)