home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Indonesia Punya Tanaman yang Bisa Buat Manusia Ingin Bunuh Diri!

Selasa, 24 November 2015 09:20 by fzhchyn | 4097 hits
Wah, Indonesia Punya Tanaman yang Bisa Buat Manusia Ingin Bunuh Diri!
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Siapa yang menyangka kalau Indonesia menjadi rumah salah satu tanaman paling mematikan di dunia. Ya, di Maluku, terdapat sebuah tanaman bernama gympie-gympie (Dendrocnide moroides) yang konon disebut pernah membuat seorang pria menembak dirinya sendiri akibat tak kuat menahan rasa sakit pasca tak sengaja membuat daun gympie-gympie sebagai 'tisu toilet'.

Jangan tertipu oleh bentuk gympie-gympie yang mirip tanaman hias, apalagi daunnya berbentuk seperti hati, menyentuhnya sama dengan merasakan rasa sakit luar biasa. Penyebabnya adalah rambut-rambut halus yang terdapat di nyaris seluruh permukaan daun tumbuhan satu ini. Selain di hutan Indonesia, tumbuhan ini juga tumbuh subur di hutan hujan Australia.


Image source: Merdeka

Rambut itu sebenarnya adalah jarum-jarum sengat yang mengandung salah satu jenis racun saraf alias neuro toksin. Jika menyentuh kulit, jarum-jarum gympie-gympie akan menusuk masuk ke dalam kulit dan menyuntikkan racun dengan bahan kimia aktif, moroidin. Moroidin membuat rasa sakit yang disebut tak akan hilang sampai satu tahun apabila jarum sengat tidak ditarik keluar.

Menurut Dr Marina Hurley, ahli biologi tanaman asal Australia yang pernah tak sengaja terkena racun gympie-gympie, rasa sakitnya seperti kombinasi dibakar dengan zat kimia asam (misalnya air aki) dan disetrum.

Baca juga: Wow, Jepang Ciptakan Bonsai yang Bisa Melayang di Udara!

"Hal pertama yang Anda rasakan adalah sensasi terbakar yang benar-benar parah dan selama setengah jam berikutnya menjadi lebih dan lebih menyakitkan. Tak lama setelah itu, sendi Anda akan sangat linu dan nyeri dan mungkin akan muncul bengkak di bawah ketiak. Celakanya, bengkak itu sama menyakitkannya dengan sengatan di bagian tubuh yang terkena jarum gympie-gympie. Dalam kasus yang parah, sengatan racun ini dapat menyebabkan shock dan bahkan kematian," ujar Dr. Mike Leahy, seorang virolog.

Salah satu cara untuk menghilangkan jarum sengat gympie-gympie adalah dengan menyiram bagian tubuh yang terkena racun dengan cairan asam klorida encer (HCl). Selanjutnya, jarum-jarum itu perlu diambil dengan wax untuk mencukur rambut.

Jika kuda dan anjing langsung mati bila terkena sengatan gympie-gympie, ada mamalia yang justru menjadikan gympie-gympie sebagai makanan. Dari pengakuan Dr. Hurley, beberapa jenis marsupial atau hewan berkantung asal Australia bisa memakan utuh satu tanaman gympie-gympie. Salah satu marsupial itu adalah red-legged pademelon dan ringtail possum raksasa.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)