home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pekerjakan Tunarungu, Restoran Ini Gunakan Bahasa Isyarat

Jumat, 23 Januari 2015 23:00 by fzhchyn | 2431 hits
Pekerjakan Tunarungu, Restoran Ini Gunakan Bahasa Isyarat
twistedsifter.com

DREAMERSRADIO.COM - Ada yang unik dari salah satu restoran di Toronto, Kanada Ini. Pasalnya pelanggan yang datang akan dilayani oleh orang yang menderita tunarungu atau tuli, namun itu bukanlah sesuatu hal yang buruk. Faktanya, Signs Restaurant adalah restoran pertama yang sebagian besar karyawannya menderita tunarungu, dikutip dari thestar.com.


Image source: blogto.com

Restoran yang baru dibuka pada 16 Juli 2014 lalu itu meminta pelanggan yang datang untuk memesan makanan dengan menggunakan bahasa isyarat yang dapat dilihat pada “buku contekan” yang sudah disediakan agar pelayan dapat mengerti pesanan pelanggan.

Misalnya untuk memesan Chicken Salad, pelanggan menggunakan jari telunjuk yang ditekan ke telapak tangan lalu menangkupkan kedua telapak tangan. Tentunya makan di restoran ini akan memberikan pengalaman yang tak biasa.

Baca juga: Aturan Ketat Restoran Korea Batasi Pengunjung, Langgar Denda Puluhan Juta

Anjan Manikumar si pemilik restoran menempuh jenis layanan masyarakat untuk orang tuli yang sulit menemukan pekerjaan. Dirinya menyadari saat masih menjadi manajer Boston Pizza di Markham dan memiliki pelanggan yang tuli. Tanpa alat dan pendidikan bagi karyawan untuk berkomunikasi dengan si pelanggan yang tuli tersebut maka proses pemesanan pun menjadi poin.

Sejak saat itu, ide layanan pelanggan muncul untuk Signs Restaurant di mana orang tuli dapat bekerja dan makan dengan menggunakan bahasa mereka, sekaligus tempat untuk belajar tentang komunitas tunarungu.

(zia)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)