SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dampak 'Hallyu Wave', Peserta Kursus Bahasa Korea di Amerika Meningkat Drastis

Kamis, 12 Juli 2018 16:13 by muthiasp | 1002 hits
Dampak 'Hallyu Wave', Peserta Kursus Bahasa Korea di Amerika Meningkat Drastis
Image source: sweetsweetkpop

DREAMERS.ID - Gelombang budaya Korea atau yang biasa disebut dengan Hallyu Wave tidak hanya menjalar di negara bagian Asia saja, tetapi juga Eropa dan Amerika. Belakangan ini semakin banyak idola K-Pop yang konser, maupun drama Korea yang ditayangkan sehingga menarik perhatian publik disana.

Khususnya di Amerika, ternyata banyak penggemar drama maupun musik K-Pop yang juga ingin sekali mempelajari bahasa Korea, sehingga angka peminatnya pun semakin lama terus meningkat, baik di kampus maupun secara online.

Berdasarkan laporan BBC News, menurut Modern Language Association pendaftaran kursus bahasa Korea di kampus-kampus Amerika meningkat hampir 14 persen dari tahun 2013 sampai 2016, di saat pendaftaran keseluruhan dalam kursus bahasa mengalami penurunan peminat.

Jika dibandingkan dengan dua tahun yang lalu, hanya ada 163 orang yang mengikuti kursus bahasa Korea di Amerika. Dari statistik terbaru kabarnya saat ini jumlah peserta meningkat drastic ke angka 14 ribu. Bahkan sudah lebih dari 200 ribu orang yang mendaftar kursus di website Duolingo, padahal baru dibuka selama setahun.

Baca juga: Moon Jae In Sebut Pertemuan Kedua Kim Jong Un - Donald Trump Bisa Jadi Titik Balik Perdamaian Semenanjung Korea

Lebih lanjut laporan BBC News menyebutkan jika sebuah badan bantuan PBB menggunakan bahasa Korea sebagai pemulai percakapan untuk proyek online yang menghubungkan pengungsi muda Timur Tengah dengan para pelajar di Barat. Survei dari penggemar di Algeria juga menunjukkan bahwa mereka menggunakan beberapa kata dari bahasa Korea untuk percakapan sehari-hari.

Peningkatan peminat kursus bahasa Korea di berbagai negara membuat pemerintah Korea Selatan mendirikan 130 pusat bahasa di 50 negara. Serta baru saja mendanai Institusi Stdui Korea di Universitas George, Washington, pada tahun lalu.

Meski belajar bahasa sudah dipermudah dengan berbagai fasilitas, namun BBC News menekankan jika belajar bahasa Korea tidak semudah yang dipikirkan karena dinilai sebagai bahasa yang sangat sulit untuk orang Barat.

(mth)

  • HOT !
    Akhir bulan ini tepatnya tanggal pada 27 28 Februari di Hanoi, Vietnam, akan kembali digelar pertemuan kedua antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengatakan jika pertemuan itu bisa jadi titik balik bagi hubungan Semenanjung Korea....
  • HOT !
    Indonesia bersedia menjadi tuan rumah multi event terbesar di dunia, Olimpiade, pada tahun 2032 mendatang. Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena kesuksesan yang diraih saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018....
  • HOT !
    Sebuah buku tebal terlihat berada di atas meja Prabowo ketika menjalani debat capres putaran kedua di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (17/02/19) malam. Lalu buku seperti apa yang dibawa Prabowo itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)