SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Datang Langsung ke Jakarta, Indonesia Terima Permintaan Maaf Militer Australia

Kamis, 09 Februari 2017 13:00 by reinasoebisono | 3036 hits
Datang Langsung ke Jakarta, Indonesia Terima Permintaan Maaf Militer Australia
Image source: BBC

DREAMERS.ID - Beberapa saat lalu, hubungan kerjasama militer Indonesia dan Australia sempat memanas bahkan dihentikan sementara karena adanya bahan latihan militer yang dinilai ‘menyinggung’ dasar negara Indonesia, Pancasila.

Namun insiden tersebut dinyatakan telah selesai dan Indonesia menerima permintaan maaf resmi dari pihak militer Australia. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang sebelumnya mengatakan jika permohonan maaf telah disampaikan Panglima Militer Australia.

Lebih lanjut melansir BBC, Indonesia menerima permintaan maaf Australia tersebut dalam sebuah pernyataan setelah Kepala Staf Angkatan Darat Australia datang ke Jakarta pada Rabu (8/2) dan menemui para pemimpin TNI.

"Jenderal Gatot telah menerima permintaan maaf, dan menyadari bahwa di era persaingan global sekarang, persatuan dan persahabatan diperlukan oleh negara-negara tetangga, tanpa harus mengesampingkan perbedaan mereka," kata pernyataan militer Indonesia.

Baca juga: Restoran di Australia Andalkan Menu Burger hingga Taco Isi Indomie, Mau Mencoba?

Dengan selesainya masalah ini, diperkirakan Presiden Jokowi akan kembali mengunjungi Australia. Memang, sebelumnya presiden sempat batal ke Australia namun tak menyebutkan masalah militer ini sebagai penyebabnya. Melainkan karena adanya unjuk rasa besar-besaran pada 4 November lalu.

Kunjungan kenegaraan pun dijadwalkan ulang dan Presiden Jokowi diagendakan bertemu Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull pada 26 Februari mendatang. Sebelumnya, militer Indonesia tersinggung oleh adanya materi latihan Australia yang dianggap melecehkan Pancasila, Timor Timur dan Kemerdekaan Papua.

Berita sebelumnya: Diduga Menghina Panacsila, Kerja Sama Militer Indonesia-Australia Ditunda

(rei)

  • HOT !
    Pada hari Rabu (17/7/19) pihak Korea Tourism Organization (KTO) mengatakan akan menyelenggarakan pameran wisata medis Korea selama tiga hari mulai dari hari Jumat (19/9/19) mendatang di Jakarta....
  • HOT !
    Dalam semalam, sebuah dokumen yang disinyalir berisi nama nama menteri di Kabinet Kerja Jilid II Presiden Terpilih Jokowi Periode 2019 2024 tersebar dan membuat heboh jagat dunia maya. Pasalnya, dokumen tersebut terkesan cukup meyakinkan selayaknya hasil rapat....
  • HOT !
    Ada cerita lain yang ternyata terselip di pertemuan Jokowi Prabowo di MRT Lebak Bulus hingga makan bersama di salah satu mall di Senayan. Karena pertemuan yang dinantikan itu ternyata nyaris batal di detik detik terakhir....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin

FORUM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)