home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diduga Akibat Menghina Pancasila, Kerja Sama Militer Indonesia-Australia Ditunda

Rabu, 04 Januari 2017 18:00 by fzhchyn | 1996 hits
Diduga Akibat Menghina Pancasila, Kerja Sama Militer Indonesia-Australia Ditunda
Image source: Reuters

DREAMERS.ID - Kerja sama militer antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Angkatan Bersenjata Australia (Australian Defence Force, ADF) terpaksa harus ditunda karena alasan yang belum pasti. Meski begitu, Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari berharap jika penundaan ini tidak mengganggu hubungan bilateral Indonesia dengan Australia.

"Saya kira kita cooling down dulu untuk kasus ini. Dan berharap dengan penghentian sementara tidak akan mempengaruhi hubungan bilateral," kata Abdul Kharis, Rabu (4/1) mengutip Kompas.

Penyebab penundaan kerja sama ini memang belum diketahui secara pasti, tapi ada kemungkinan hal ini terjadi karena adanya kesalahpahaman antara TNI dengan ADF. Abdul Kharis pun menegaskan, sebagai negara tetangga, sudah seharusnya menciptakan hubungan saling menghormati. "Nah makanya kita harus saling menghormati, jika tidak ya begini (terjadi penundaan kerja sama)," ujarnya.

Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayjen Wuryanto juga menolak menceritakan pihak mana yang menjadi penyebab hingga menimbulkan masalah. Namun menurutnya, setelah dilakukan evaluasi, ada hal-hal teknis yang harus diperbaiki untuk menjaga kerja sama pada masa mendatang.

Baca juga: Fakta Dibalik Penghentian Kasus Habib Rizieq yang Bisa Jadi 'Tidak Total'

Setelah ditelusuri, TNI ternyata sebelumnya pernah mengirimkan surat kepada ADF pada 9 Desember 2016 lalu tentang penghentian kegiatan kerja sama militer di antara kedua belah pihak. Hal itu dipicu akibat pengalaman pelatih dari Korps Pasukan Khusus (Kopassus) yang mengajar di sekolah pasukan khusus Australia tersebut.

Saat mengajar, pelatih tersebut mengetahui adanya pelajaran-pelajaran yang isinya menjelek-jelekkan TNI di akademi tersebut.

Saat menghadap kepala sekolah di akademi tersebut untuk mengajukan keberatan, sang pelatih Kopassus tersebut malah menemukan tulisan lainnya yang isinya justru menghina lambang negara Indonesia, Pancasila. "Ada kertas tulisan yang di-laminating," demikian sebagaimana dituturkan sumber tersebut.

(fzh/Kompas)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)