SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Anak Muda Korea Selatan Sedang Keranjingan Pakai Hanbok!

Jumat, 01 April 2016 13:10 by zia92 | 2990 hits
Anak Muda Korea Selatan Sedang Keranjingan Pakai Hanbok!
Image source: Chosun Ilbo

DREAMERS.ID - Jika biasanya pakaian tradisional identik dengan orang tua dan hanya dipakai pada perayaan tertentu, maka kini di Korea Selatan, anak muda di sana tengah keranjingan memakai pakaian tradisional negera mereka yang disebut Hanbok.

Seperti dilaporkan laman Chosun Ilbo, kalangan anak muda Korsel seperti menemukan kembali budaya tradisional Korea dan menafsirkannya agar sesuai dengan selera mereka. Mereka kini dengan percaya diri dapat berjalan-jalan di sekitar landmark kota seperti Istana Gyeongbok serta kawasan tradisional Bukchon dan Insa-dong di Seoul mengenakan hanbok sambil berfoto narsis bahkan dengan senang hati berpose untuk turis asing yang berkunjung.

Kebanyakan dari mereka menyewa hanbok tersebut. Salah satunya adalah Jeon Su-ji (22) yang menyewa hanbok bersama dengan pacarnya dan mengatakan, “Warna (hanbok) yang cerah terlihat bagus di foto.”


Image source: Chosun Ilbo

Tak hanya tempat penyewaan, pembelian hanbok secara online juga meningkat sejak 2014. Peningkatan ini khususnya terjadi pada wanita usia 20-an, meningkat 30% pada 2014 dan 21% pada 2015 lalu.

Penjualan hanbok khususnya akan meningkat hingga dua kali lipat selama liburan tradisonal seperti saat tahun baru atau perayaan Chuseok. Meski penjualan hanbok untuk pria dilaporkan turun pada 2014, namun di 2015 mengalami lonjakan hingga 78%.

Baca juga: Kocaknya Penampilan Jin BTS Saat Menuju MAMA Hong Kong yang Sukses Bikin Ngakak Fans

Untuk menyesuaikan perilaku anak muda yang mulai melirik hanbok, banyak toko online yang sekarang menjual hanbok yang lebih modern dan disesuaikan dengan anak muda seperti rok yang lebih pendek dan menggunakan bahan kain katun yang ringan.

Jika awalnya para penjual hanbok menargetkan wisatawan asing, maka kini warga lokal sudah banyak yang mampir. “Aku membuka toko untuk turis, tapi aku terkejut melihat pelanggan lokal masuk ke toko,” ungkap salah seorang pemilik toko hanbok.

Mengenai perubahan perilaku ini, Pak Gil Sung di Korea University mengatakan, “Berbeda dengan generasi terdahulu, anak muda Korea saat ini berjiwa bebas dan tidak terikat dengan cara berpikir tradisional.”

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (17/12), Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dalam orasinya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina....
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies Baswedan dan Sudirman Said diusung Partai Gerindra untuk menjadi calon kepala daerah. Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun merasa beruntung karena Anies dan Sudirman Said ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)