SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Negara Ini Larang Peredaran Semua Jenis Rokok Agar Rakyatnya Hidup Sehat

Minggu, 17 Januari 2016 23:00 by Dits | 1568 hits
Negara Ini Larang Peredaran Semua Jenis Rokok Agar Rakyatnya Hidup Sehat
image source: Image sourc

DREAMERS.ID - Kebijakan pemerintah Turkmenistan nampaknya perlu diacungi jempol. Pasalnya, sang Presiden berencana untuk menerapkan kebijakan untuk melarang seluruh jenis rokok beredar di negaranya.

Hal tersebut demi untuk meningkatkan kualitas hidup para rakyatnya. Dalam siaran televisi pemerintah dua hari lalu diperlihatkan ribuan dus rokok dibakar di muka umum di negara Asia Tengah itu.


image source: dailymail

Pejabat berwenang mengatakan rokok-rokok itu disita setelah diselundupkan ke Turmkenistan.

Sang Presiden, Gurbanguly Berdymukhamedov pada pekan lalu mengeluhkan betapa mudahnya warga mendapatkan rokok. Di Ibu Kota Ashgabat, pihak kepolisian memaksa pemilik toko tidak menjual rokok.


image source: dailymail

"Lembaga anti-narkotika datang ke toko baru-baru ini dan memaksa kami menurunkan rokok dari etalase. Mereka mengancam akan memberikan denda berat pada kami," ujar Bairam Saryev, pedagang rokok berusia 34 tahun, seperti dilansir koran the Daily Mail.

Baca juga: Serukan Anti-Rokok di Korut, Kim Jong Un Malah Ketahuan Merokok

Sebelumnya, dalam rapat yang disiarkan televisi pemerintah pada 6 Januari lalu, Berdymukhamedov mengecam lembaga anti-narkotika yang tidak becus menjalankan tugasnya. Dia mengancam akan memecat kepala badan itu dan lakukan razia untuk memberantas rokok.

"Sejak itu kami hanya menjual rokok di bawah meja dan hanya kepada mereka yang sudah jadi langganan atau teman dekat," ujar seorang penjual rokok bernama Vepa.

Menurut data Badan Kesehatan Dunia, sejak Berdymukhamedov menjadi presiden pada 2006, Turkmenistan kini menjadi negara dengan persentase jumlah perokok paling rendah di muka bumi.

Upaya pemerintah untuk mengurangi rokok adalah dengan memberlakukan pajak tinggi pada 2011 dan larangan merokok di ruang publik pada 2013. Akibatnya harga rokok di Turkmenistan menjadi yang termahal di antara negara bekas jajahan Soviet.

Hingga kini kebjikan larangan menjual rokok itu masih didiskusikan lebih lanjut, belum ada pengumuman dari pemerintah setempat. 

  • HOT !
    Sempat ‘mesra’ antara Presiden Jokowi dan Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang membuat spekulasi koalisi di Pilpres 2019 mendatang, hubungan itu kini kabarnya terusik dengan merenggangnya hubungan antar kedua partai....
  • HOT !
    Gunung Merapi mengalami tiga kali letusan freatik pada Senin (21/5) di mana statusnya yang di awal normal naik menjadi waspada pada pukul 23.00. Hal ini dilakukan karena adanya peningkatan aktivitas freatik yang diikuti dengan gempa VT dan gempa tremor....
  • HOT !
    Setelah diberitakan dalam kondisi kritis pada pekan lalu karena berjuang melawan penyakit yang dideritanya, pimpinan alias bos perusahaan raksasa Korea Selatan, LG Group yang bernama Koo Bon Moo meninggal dunia....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)