home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Negara Ini Larang Peredaran Semua Jenis Rokok Agar Rakyatnya Hidup Sehat

Minggu, 17 Januari 2016 23:00 by Dits | 1724 hits
Negara Ini Larang Peredaran Semua Jenis Rokok Agar Rakyatnya Hidup Sehat
image source: Image sourc

DREAMERS.ID - Kebijakan pemerintah Turkmenistan nampaknya perlu diacungi jempol. Pasalnya, sang Presiden berencana untuk menerapkan kebijakan untuk melarang seluruh jenis rokok beredar di negaranya.

Hal tersebut demi untuk meningkatkan kualitas hidup para rakyatnya. Dalam siaran televisi pemerintah dua hari lalu diperlihatkan ribuan dus rokok dibakar di muka umum di negara Asia Tengah itu.


image source: dailymail

Pejabat berwenang mengatakan rokok-rokok itu disita setelah diselundupkan ke Turmkenistan.

Sang Presiden, Gurbanguly Berdymukhamedov pada pekan lalu mengeluhkan betapa mudahnya warga mendapatkan rokok. Di Ibu Kota Ashgabat, pihak kepolisian memaksa pemilik toko tidak menjual rokok.


image source: dailymail

"Lembaga anti-narkotika datang ke toko baru-baru ini dan memaksa kami menurunkan rokok dari etalase. Mereka mengancam akan memberikan denda berat pada kami," ujar Bairam Saryev, pedagang rokok berusia 34 tahun, seperti dilansir koran the Daily Mail.

Baca juga: Serukan Anti-Rokok di Korut, Kim Jong Un Malah Ketahuan Merokok

Sebelumnya, dalam rapat yang disiarkan televisi pemerintah pada 6 Januari lalu, Berdymukhamedov mengecam lembaga anti-narkotika yang tidak becus menjalankan tugasnya. Dia mengancam akan memecat kepala badan itu dan lakukan razia untuk memberantas rokok.

"Sejak itu kami hanya menjual rokok di bawah meja dan hanya kepada mereka yang sudah jadi langganan atau teman dekat," ujar seorang penjual rokok bernama Vepa.

Menurut data Badan Kesehatan Dunia, sejak Berdymukhamedov menjadi presiden pada 2006, Turkmenistan kini menjadi negara dengan persentase jumlah perokok paling rendah di muka bumi.

Upaya pemerintah untuk mengurangi rokok adalah dengan memberlakukan pajak tinggi pada 2011 dan larangan merokok di ruang publik pada 2013. Akibatnya harga rokok di Turkmenistan menjadi yang termahal di antara negara bekas jajahan Soviet.

Hingga kini kebjikan larangan menjual rokok itu masih didiskusikan lebih lanjut, belum ada pengumuman dari pemerintah setempat. 

Komentar
  • HOT !
    Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta yang akan memilih Gubernurnya alias Pilgub di akhr tahun 2024 ini diprediksi masih akan jadi persaingan terpanas pemilihan kepala daerah Se Indonesia. Walaupun, statusnya sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia....
  • HOT !
    Princess of Wales Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatannya dan mengonfirmasi ia mengidap kanker lewat sebuah video penuh haru. Pakar atau ahli Bahasa tubuh pun membeberkan arti dari gestur tubuh Kate Middleton....
  • HOT !
    Beberapa minggu belakangan kembali menyebar rumor heboh tentang Ibu Negar Perancis, Brigitte Macron yang disebut terlahir sebagai pria dan menjadi transgender wanita di kemudian hari. Padahal, rumor itu sudah berhembus tahun lalu dan dibawa ke pengadilan oleh Brigitte Macron dan ia memenangkan kasus fitnah melawan jurnalis yang mengklaim hal tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Annis
Cast : Jung Sisters|Donghae (SUJU)|Minhyuk (CNBLUE)|Lee Min Ho|Luna (fx)|EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)