home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah 3 Kota Kuno Berusia Ribuan Tahun yang Masih Dihuni Manusia

Senin, 12 Oktober 2015 23:00 by Dits | 2072 hits
Inilah 3 Kota Kuno Berusia Ribuan Tahun yang Masih Dihuni Manusia
Image source: dream.co.id

DREAMERSRADIO.COM - Mungkin tak banyak di antara kamu yang tahu bahwa ternyata ada sejumlah tempat kuno berusia ribuan tahun yang masih tersisa di dunia. Menakjubkannya lagi, beberapa di antara tempat-tempat tersebut masih dihuni manusia hingga sekarang.

Berikut 3 kota kuno di dunia yang masih dihuni manusia:

1. Ife
Ife adalah salah satu kota paling tua di dunia. Konon, tempat yang terletak di Nigeria ini sudah ada sejak 350 tahun sebelum masehi. Kota ini dikenal dengan mitologi dewa-dewinya. Salah satunya adalah cerita jika salah satu dewa orang-orang Ife punya dua buah tanah liat.

Satu buah untuk menciptakan manusia, satunya lagi untuk menciptakan raja yang memimpin Ife. Kota ini sempat hancur akibat perang yang terjadi di abad 18. Untungnya, beberapa bagian masih tetap utuh.

Uniknya, Ife masih jadi tempat tinggal sekelompok penduduk bernama Ooni yang menempati pusat kerajaannya. Jumlahnya sendiri ada 600 ribu orang. Tempat ini juga dijadikan tempat penelitian para mahasiswa Nigeria dan dunia.

2. Sidon
Di masa keemasannya, Aleksander Agung sukses menguasai banyak sekali tempat di dunia ini. Salah satunya adalah kota bernama Sidon. Kota indah ini sempat dihancurkan total gara-gara para penduduknya sama sekali tidak melawan ketika diinvasi.

Kemudian waktu berganti dan Sidon pun beralih dikuasai oleh kekaisaran Ottoman. Di bawah kerajaan Muslim kota ini dibangun berkali-kali. Meskipun tidak ditinggali sekarang ini, namun siapa pun bisa untuk sekadar mampir.

Di sini kamu akan bisa melihat Temple of Eshmun, yakni kuil untuk Dewa Phoenician yang dibangun sangat cantik. Memasuki kota ini akan membuat Anda merasa kembali ke 3000 tahun sebelum masehi.

3. Byblos
Kota paling tua lainnya yang masih ada mungkin adalah Byblos. Alasannya, para peneliti menaksir jika kota ini sudah dibangun sejak 6000 tahun sebelum masehi.

Byblos sendiri ditinggali oleh para sejarawan dan ilmuwan untuk diteliti. Dalam sejarah perkembangannya, Byblos pernah diinvasi oleh orang-orang Amorite dan berhasil membuat kota ini hancur.

Untungnya, Byblos adalah daerah yang dilindungi oleh Mesir. Sehingga "Negeri Firaun" tersebut juga turut serta dalam pembangunan kota ini kembali. Kota ini sekarang masuk daftar warisan dunia UNESCO.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)