SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Uniknya Patung Peyeum untuk Peringati Hari Kartini

Selasa, 21 April 2015 14:15 by zia92 | 1162 hits
Uniknya Patung Peyeum untuk Peringati Hari Kartini
Image source: Liputan6.co

DREAMERSRADIO.COM - Banyak cara untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April. Seperti yang dilakukann sejumlah perempuan dari Kota Bogor, Jawa Barat. Mereka membuat patung Raden Ajeng Kartini dari bahan peuyeum atau tape singkong.

Untuk membuat patung peyeum ini setinggi 60 cm ini, mereka menggunakan 50 kg peyeum dalam waktu satu minggu.

"Kita buat dari mulai proses pembuatan peuyeumnya, yang kadar airnya nggak terlalu banyak. Kemudian dicampur pakai tepung maizena supaya kuat berdirinya," kata salah satu pembuat patung, Eyie Dewanto, mengutip laman Liputan6.

"Lalu dibentuk sedemikiran rupa supaya mirip dengan Ibu Kartini," tambahnya.

Baca juga: Tak Hanya Beri Ucapan Selamat Hari Kartini, Ini Pujian Wapres AS Terhadap Wanita Indonesia

Sebelum dibentuk, adonan harus kokoh terlebih dahulu dan menunggu sekitar 5 hari. Setelah itu baru diukir untuk membuat detailnya. Sedangkan untuk hiasan rambut dan pakaian adatnya menggunakan lapisan coklat.

Selain sebuah patung peuyeum Kartini, ada pula 7 patung kecil yang juga terbuat dari peuyeum berbalut pakaian-pakaian adat Indonesia. "Patung-patung ini tahan hingga kira-kira 2 minggu, modal pembuatannya sekitar Rp 1 jutaan," tutur Eyie.


Image source: liputan6

Selain untuk mengenang jasa-jasa Kartini sebagai pahlawan emansipasi wanita, tujuan dibuatnya patung ini juga untuk mempromosikan bahan makanan alternatif lainnya.

"Untuk itu kami tergerak untuk memasarkan makanan alternatif berbahan makanan tradisional yang belum terolah secara modern," pungkas Danti.

Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)