SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Seniman Jakarta Lawan Korupsi dengan Lukisan, Foto, Hingga Komik

Jumat, 06 Maret 2015 23:00 by zia92 | 3385 hits
Seniman Jakarta Lawan Korupsi dengan Lukisan, Foto, Hingga Komik
blogs.wjs.com

DREAMERSRADIO.COM - Melawan tindakan korupsi tidak melulu harus dilakukan dengan kekerasan atau unjuk rasa yang justru merusak sarana umum dan merugikan banyak pihak. Salah satu cara ‘halus’ yang dapat dilakukan adalah seperti yang dilakukan oleh sekelompok seniman di Jakarta ini nih Dreamers.

Pada sebuah acara publik yang disebut Seni Lawan Korupsi, puluhan seniman menampilkan lukisan, foto, dan komik dengan pesan anti korupsi. Ketua acara, Abdul Aziz mengatakan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menggunakan seni dalam upaya meningkatkan dukungan anti korupsi, dilansir Wall Street Journal.

Saat ini Indonesia menempati peringkat 107 dari 175 negara pada data terbaru Indeks Persepsi Korupsi Transparency International.

Seni memiliki kekuatan untuk membuat orang merenung dan dapat membantu mengirim pesan kepada khalayak bahwa korupsi tidak terampuni, kata Abdul.


Image source: suara.com

Contohnya adalah sebuah komik dengan tulisan "Percumah mentereng kalo ternyata istri koruptor" yang tertulis jelas di wajah seorang wanita dengan kekayaan yang terlihat jelas dari aksesoris dan pakaiannya.

Abdul mengatakan bahwa ide ini muncul karena perseteruan antara lembaga anti-korupsi di Indonesia, KPK dengan pihak kepolisian beberapa waktu lalu.

Acara yang digelar hanya sehari saja pada Kamis (5/3) kemarin di Teater kecil, Taman Ismail Marzuki ini tak hanya memamerkan karya seni grafis, tapi juga monolog, stand up comedy, musik, film, hingga orasi yang dimulai pukul 12 siang hingga pukul sepuluh malam.

Komentar
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....
  • HOT !
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya, Sandiaga Uno membentuk Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Rencananya akan ada 75 orang TGUPP yang akan direkrut....
  • HOT !
    Entah apa yang ada di balik keputusan Presiden Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan memindahkan Kedutaan Besar dari Ibu Kota sebelumnya di Tel Aviv ke kota 3 agama itu. Sejumlah pendapat menilai jika ia tengah melaksanakan janji kampanye, membuat pendukungnya yang pro Israel puas....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)