home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Seniman Jakarta Lawan Korupsi dengan Lukisan, Foto, Hingga Komik

Jumat, 06 Maret 2015 23:00 by fzhchyn | 3731 hits
Seniman Jakarta Lawan Korupsi dengan Lukisan, Foto, Hingga Komik
blogs.wjs.com

DREAMERSRADIO.COM - Melawan tindakan korupsi tidak melulu harus dilakukan dengan kekerasan atau unjuk rasa yang justru merusak sarana umum dan merugikan banyak pihak. Salah satu cara ‘halus’ yang dapat dilakukan adalah seperti yang dilakukan oleh sekelompok seniman di Jakarta ini nih Dreamers.

Pada sebuah acara publik yang disebut Seni Lawan Korupsi, puluhan seniman menampilkan lukisan, foto, dan komik dengan pesan anti korupsi. Ketua acara, Abdul Aziz mengatakan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menggunakan seni dalam upaya meningkatkan dukungan anti korupsi, dilansir Wall Street Journal.

Saat ini Indonesia menempati peringkat 107 dari 175 negara pada data terbaru Indeks Persepsi Korupsi Transparency International.

Seni memiliki kekuatan untuk membuat orang merenung dan dapat membantu mengirim pesan kepada khalayak bahwa korupsi tidak terampuni, kata Abdul.


Image source: suara.com

Contohnya adalah sebuah komik dengan tulisan "Percumah mentereng kalo ternyata istri koruptor" yang tertulis jelas di wajah seorang wanita dengan kekayaan yang terlihat jelas dari aksesoris dan pakaiannya.

Abdul mengatakan bahwa ide ini muncul karena perseteruan antara lembaga anti-korupsi di Indonesia, KPK dengan pihak kepolisian beberapa waktu lalu.

Acara yang digelar hanya sehari saja pada Kamis (5/3) kemarin di Teater kecil, Taman Ismail Marzuki ini tak hanya memamerkan karya seni grafis, tapi juga monolog, stand up comedy, musik, film, hingga orasi yang dimulai pukul 12 siang hingga pukul sepuluh malam.

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)