home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kimia Farma Tunda Vaksinasi Berbayar, Kemenkes Tegaskan Bayar Tapi Tidak Wajib

Senin, 12 Juli 2021 12:00 by rizaluthfiah | 2116 hits
Kimia Farma Tunda Vaksinasi Berbayar, Kemenkes Tegaskan Bayar Tapi Tidak Wajib
Image Source : Halodoc

DREAMERS.ID - Mulai Senin (12/7) ini, Vaksinasi Gotong Royong untuk individu yang berbayar seharusnya mulai dilaksanakan. Namun, Kimia Farma menunda pelaksanaannya dikarenakan beragam respon dari publik.

Melansir CNN Indonesia, Sekretaris Perusahaan Kimia Farma Ganti Winarno Putro mengatakan, "Kami mohon maaf karena jadwal vaksinasi Gotong Royong Individu yang semula dimulai hari Senin, 12 Juli 2021 akan kami tunda hingga pemberitahuan selanjutnya," jelas Ganti.

Ganti Winarno Putri menjelaskan bahwa vaksin berbayar ditunda karena pihaknya akan memperpanjang masa sosialisasi vaksin berbayar serta pengaturan pendaftar calon penerima vaksin.

Sebelumnya, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi menyatakan bahwa program vaksinasi berbayar atau Gotong Royong (GR) tidak wajib.

"Vaksinasi Gotong Royong individu ini sifatnya hanya sebagai salah satu opsi untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi. Vaksinasi Gotong Royong individu ini tidak wajib dan juga tidak akan menghilangkan hak masyarakat untuk memperoleh vaksin gratis melalui program vaksinasi pemerintah," kata Nadia dikutip dari CNNIndonesia, Senin (12/7).

Nadia menilai masyarakat tidak perlu khawatir sebab pemerintah mempunyai strategi agar keduanya tetap berjalan. Sehingga, kata Nadia, vaksinasi GR tidak akan mengganggu. Terlebih, jenis vaksin yang digunakan berbeda.

"Vaksinasi Gotong Royong individu hanya akan menggunakan vaksin merek Sinopharm, sementara vaksin pemerintah akan menggunakan vaksin merek Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax," jelasnya.

Diketahui, vaksinasi GR individu berbayar dibanderol dengan harga Rp321.660 per dosis dan tarif pelayanan vaksinasi maksimal sebesar Rp117.910 per dosis. Pelayanan vaksinasi mandiri ini diklaim sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Melonjaknya kasus Covid 19 memberikan dampak buruk bagi banyak orang orang, salah satunya pelajar internasional yang ingin sekolah di Korea Selatan. Ada sejumlah aturan baru yang diterapkan menyusul kedatangan mereka....
  • HOT !
    Varian terbaru dari Covid 19 yaitu varian delta yang sangat cepat menular menjadi strain dominan COVID 19 di Korea Selatan, sehingga mempersulit otoritas kesehatan untuk memperlambat penyebaran virus corona baru ini. Bahkan meluas ke daerah daerah selain Seoul....
  • HOT !
    Angka kasus positif Covid 19 terus meningkat di Indonesia. Banyak masyarakat yang mencari bantuan untuk ruang rumah sakit hingga ketersediaan oksigen di media sosial. Agar mempermudah masyarakat untuk mendapatkan bantuan, sejumlah situs diluncurkan untuk perbaruan bantuan informasi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : kradmisaki
Cast : penitipan anjing di kenjeran

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)