home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Langka Kejadian! Rusia Bantu Amerika Tangani Virus Corona, Kirim Peralatan Medis Ke New York

Jumat, 03 April 2020 01:00 by reinasoebisono | 756 hits
Langka Kejadian! Rusia Bantu Amerika Tangani Virus Corona, Kirim Peralatan Medis Ke New York
Image source: Time

DREAMERS.ID - Bukan hal yang rahasia jika hubungan antara dua negara besar dunia yaitu Amerika Serikat dan Rusia selalu dingin, bahkan tak jarang menghangat karena persaingan banyak hal. Mengklaim keduanya memiliki super power dan unggul di berbagai bidang hingga saling sindir petinggi negaranya.

Namun di masa pandemi virus corona atau COVID-19, Rusia ternyata mengirimkan peralatan medis ke Amerika Serikat untuk membantu menangani serangan wabah. Melansir  CNN Indonesia, pesawat militer Rusia yang membawa peralatan medis tiba di Amerika Serikat pada Rabu (1/4) waktu setempat.

Foto dan video yang diposting oleh akun Twitter misi Rusia untuk PBB memperlihatkan Antonov-124 mendarat di Bandara JFK, New York. Kementerian Pertahanan Rusia sebelumnya juga mengungkapkan jika pesawat itu mengangkut masker bedah dan peralatan medis lainnya.

Hubungan Rusia dan AS beberapa waktu belakangan ini sedikit retak akibat sanksi terhadap Moskow atas tindakan di Ukraina. Hubungan Rusia dan AS sempat berada di titik rendah pascaperang dingin. Kedua negara juga bersaing dalam pengembangan senjata.

Misi Rusia untuk PBB pun mengatakan jika Kremlin melunak di tengah wabah virus corona. Bantuan medis itu diserahkan setelah Presiden Ruais Vladimir Putin berbicara dengan Presiden AS Donald Trump pada Senin kemarin kala keduanya membahas kerja sama memerangi COVID-19.

Baca juga: Peran Selebgram EAD yang Jadi Tersangka Pemalsu Surat PCR

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa Putin mengharapkan AS melakukan hal yang sama bila Rusia menghadapi krisis. Rusia berharap AS mau berbagi pasokan medis jika suatu saat diperlukan.

"Hari ini, ketika semua orang di dunia menghadapi situasi ini, tidak ada cara lain selain bertindak bersama dalam semangat kebersamaan dan saling membantu," kata Peskov.

Trump juga telah berbicara soal bantuan Rusia tersebut. "Rusia mengirimi kami banyak sekali peralatan medis, itu sangat bagus."

Perlu diketahui Amerika Serikat menjadi negara dengan kasus virus corona terbanyak di dunia. Data terbaru menunjukkan jika virus corona telah menginfeksi 214.482 orang di AS. Dari jumlah itu, sebanyak 8.878 pasien dinyatakan sembuh dan 5.093 meninggal.

Selain ke AS, Rusia juga membantu Italia dalam menangani corona. Rusia mengirimkan ratusan pakar virus dan petugas medis ke Italia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pada 14 April, pesan teks yang dibagikan antara ibu angkat Jung In, Jang dan ayah angkat, Ahn dirilis ke publik oleh Pengadilan Distrik Seoul. Isi pesan menunjukkan bahwa orang tua angkat sengaja menelantarkannya....
  • HOT !
    Pada 9 April lalu, Royal Family mengonfirmasi bahwa Pangeran Philip meninggal dunia di usia 99 tahun. Padahal pada 10 Juni mendatang, Duke of Edinburgh itu akan genap berusia 100 tahun....
  • HOT !
     Hubungan antara Korea Selatan dan Cina kini semakin panas dengan banyaknya konflik baru. Dimulai sejak tahun 2017 karena sistem pertahaan rudal berbasis darat atau Terminal High Altitude Are Defense (THAAD), hingga perebutan makanan tradisional yang memberikan dampak besar kepada dunia hiburan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : nurindahmukharromah
Cast : Oh Sehun, Lee Kirin (You), Im Nami (Kirin's Friend), Tao (Kirin's Friend), Byun Baekhyun,

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)