home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sebenarnya Hal yang Tabu, Ternyata Ada Alasan Di Balik Meningkatnya Angka Perceraian di Korea Selatan

Rabu, 18 September 2019 12:00 by reinasoebisono | 8365 hits
Sebenarnya Hal yang Tabu, Ternyata Ada Alasan Di Balik Meningkatnya Angka Perceraian di Korea Selatan
Image source: Money Today

DREAMERS.ID - Kabar perceraian dua pasangan selebriti Korea Selatan, Song Joong Ki-Song Hye Kyo dan Ahn Jae Hyun-Goo Hye Sun masih menjadi pemberitaan dengan beberapa drama yang terjadi di antaranya. Dan ternyata, dua kasus perceraian itu adalah sedikit dari banyaknya kasus perceraian di Korea Selatan.

Karena menurut data, angka perceraian di Negeri Ginseng itu tengah melonjak tajam. Yang terbaru, Korea Selatan menjadi negara dengan jumlah kasus perceraian tertinggi di Asia Timur. Menurut statistik via CNN Indonesia, angka perceraian di Korsel mencapai 108.700 pada tahun 2018. Padahal sebelumnya, perceraian sebenarnya adalah hal tabu di sana.

"Alasan perceraian kini telah banyak berubah di saat wanita menjadi pekerja, merasa tidak dirugikan secara finansial walau mereka sedang dalam proses perceraian," kata direktur kelompok yang fokus membantu orang tua tunggal, dikutip dari SCMP.

Baca juga: Simak Aturan dan Panduan Baru Liburan ke Korea Selatan Setelah Pandemi

Menurut angka dari pengadilan, terdapat peningkatan sebesar 30,8 persen pengajuan perceraian pada Maret 2018, ketimbang tahun sebelumnya. Tren ini merupakan lanjutan peningkatan kasus perceraian dari 2014-2017, yakni naik berturut-turut sebesar 14,7 persen, 29,5 persen, 28 persen, dan 13,9 persen.

Terdapat beberapa pemicu kasus perceraian di Korea Selatan. Yaitu konfrontasi dengan mertua sebanyak 21.8%, perbedaan kepribadian 16.9% dan sulit mengatur hubungan sebanyak 15.8%. Masalah seperti perbedaan keuangan dan kepribadian juga jadi alasan perceraian pasangan di Korea Selatan.

Data dari Pusat Bantuan Hukum Korea untuk Masalah Keluarga menunjukkan sekitar 45 persen wanita dan 60 persen pria kini mencari konseling untuk urusan rumah tangga.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Emmeril Khan Mumtaz yang sudah seminggu lebih dinyatakan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, hari ini resmi dinyatakan meninggal dunia oleh pihak keluarga sang Ayah, Ridwan Kamil. Pencarian telah dilakukan namun hingga kini belum membuahkan hasil....
  • HOT !
    Car Free Day atau memiliki nama lain Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jakarta akan kembali diadakan menyusul adanya kelonggaran protokol Kesehatan COVID 19 dari pemerintah. Kegiatan yang kerap disebut CFD ini akan dilaksanakan hari Minggu 22 Mei 2022 mulai pukul 06.00 10.00 WIB....
  • HOT !
    Partai partai yang berkuasa dan oposisi telah membahas perlunya peninjauan cepat RUU yang memungkinkan superstar K pop BTS dan selebriti pop terkemuka lainnya untuk dibebaskan dari tugas wajib militer atau menggantinya dengan layanan publik lainnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)