home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Uniknya Rangkaian Tradisi Riau yang Masih Dijalankan Hingga Kini

Rabu, 24 Juli 2019 11:00 by reinasoebisono | 19360 hits
Uniknya Rangkaian Tradisi Riau yang Masih Dijalankan Hingga Kini
Image source: Mahligai Indonesia

DREAMERS.ID - Menyebut nama Riau, pasti kamu akan teringat dengan kebudayaan Melayu. Memang benar, Melayu Riau merupakan satu dari sekian banyak rumpun Melayu yang tersebar di penjuru nusantara.

Di daerah Riau kita akan menjumpai penduduk setempat masih menjalani beberapa tradisi turun temurun sejak zaman kerajaan dahulu. Sebagian besar orang Melayu Riau ini bermukim di wilayah Pekanbaru, Bengkalis, Indragiri Hulu, Kampar, dan daerah Riau kepulauan.

Tradisi ini ada dalam setiap masa hidup manusia. Karena begitu lekat dalam keseharian masyarakat, wajar bila tradisi tersebut mampu bertahan di tengah gempuran budaya asing. Jika  tertarik melihat tradisi asli Melayu Riau, cek lebih dulu tradisi apa saja yang bisa disaksikan sebelum membeli tiket pesawat ke Riau.

Menyemah Laut

Tentu kamu tahu bahwa Riau identik dengan wilayah perairan. Selain Sungai Kampar, wilayah Kepulauan Riau juga menjadi sandaran bagi masyarakat setempat untuk hidup. Maka, Upacara Menyemah Laut lahir sebagai bentuk upaya melestarikan laut beserta isinya. Upacara ini menjadi wujud syukur penduduk atas berkah yang mereka peroleh lewat laut.

Balimau Kasai


Image source: Riau Pos

Bulan Ramadan adalah bulan suci bagi umat Islam, tak terkecuali bagi masyarakat di Kampar, Riau. Menyambut kehadiran bulan istimewa ini, upacara Balimau Kasai diselenggarakan satu hari sebelum bulan puasa tiba. Upacara tersebut menjadi ungkapan syukur karena bisa bertemu dengan bulan Ramadan lagi, sekaligus menjadi ajang mensucikan dan membersihkan diri.

Kata balimau dalam bahasa Melayu Riau berarti mandi dengan air dicampur jeruk atau limau. Biasanya, penduduk setempat memakai jeruk nipis, jeruk kapas, dan jeruk purut.

Tepuk Tepung Tawar

Upacara Tepuk Tepung Tawar menjadi salah satu tradisi penting dalam adat Riau yang bertujuan untuk mendoakan keberhasilan seseorang. Biasanya, upacara ini diselenggarakan serangkaian dengan upacara adat perkawinan, khatam Alquran, syukuran, peresmian, atau prosesi lain.

Baca juga: Airy Rooms Resmi Umumkan Tutup pada Akhir Mei 2020

Beberapa peralatan yang dipakai dalam upacara ini adalah:
- Bedak sejuk yang dicampur air perenjis, fungsinya bisa meneduhkan hati.
- Daun sitawar, daun sidingin, daun juang-juang, daun ati-ati, dan daun gandarusa, lalu diikat benang 7 rupa dan dipandang bermanfaat sebagai penawar penyakit.
- Beras tabur sebagai lambang pemberian berkat dan doa.
- Bunga rampai, melati, mawar, dan pandan, serta inai yang dicampur air wangi dan gambir. Ramuan ini bermanfaat untuk menyatukan keluarga agar hidup sakinah.

Rangkaian Upacara Perkawinan Adat Riau

Upacara perkawinan adat Riau memiliki rangkaian prosesi yang panjang. Beberapa tradisi yang masih dilakukan saat ini adalah:

- Merisik, langkah pertama dalam proses perkawinan. Tujuannya, menyelidiki latar belakang calon pengantin dan biasa dilakukan pihak laki-laki.
- Meminang, utusan pihak laki-laki datang ke tempat pihak perempuan dan mengutarakan niatnya mempersunting perempuan tersebut kepada keluarga pihak perempuan.
-Mengantar Tanda, persetujuan kedua belah pihak terkait pinangan yang diajukan pihak laki-laki, sekaligus sebagai pengikat bagi kedua calon mempelai.

- Mengantar Belanja, utusan calon mempelai laki-laki menyerahkan uang dan seserahan kepada calon mempelai perempuan.
- Menggantung, persiapan hajatan pernikahan dengan memasang pelaminan dan menghias rumah calon mempelai perempuan.
- Berinai Curi, tradisi menjelang pernikahan yang dilakukan kedua calon pengantin.
- Berandam, tradisi mencukur bulu-bulu halus di wajah, membersihkan wajah, membentuk alis untuk mempercantik calon mempelai perempuan sebagai simbol kesiapan lahir batin menuju pernikahan.

Demikian 4 tradisi yang masih dijalani masyarakat Melayu Riau hingga saat ini. Untuk menikmati langsung tradisi luhur tersebut, kamu bisa memesan tiket Citilink melalui situs Airy. Rasakan mudahnya merancang perjalanan liburan maupun bisnis dengan fitur refund dan reschedule. Berkat jaminan keamanan transaksi dan harga pasti, Anda juga bisa tenang berlibur karena bebas dari penipuan.

Periode booking: s.d. 30 Juni 2019 dan Periode inap: s.d. 30 Juni 2019. Diskon 50% maksimal potongan Rp50.000 tanpa minimum transaksi dan hanya Berlaku untuk seluruh properti Airy di Indonesia.

Masukkan kode kupon setelah memilih metode pembayaran pada halaman pembayaran. Tiap kode kupon hanya dapat digunakan 1 kali oleh setiap customer selama periode promo. Berlaku untuk pemesanan melalui website, mobile website & aplikasi Airy terbaru (minimal versi 1.19.0 untuk Android dan versi 1.20.0 untuk iOS).

Sudah siap menyelami tradisi Riau bersama Airy?

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kabar mengejutkan dikeluarkan oleh Pemprov DKI Jakarta yang mengumumkan menyegel dan menutup 12 outlet Holywings oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta. Namun yang menjadi pertanyaan, apakah ada peluang kembali beroperasi jika hanya berganti nama?...
  • HOT !
    Pemerintah disebut tengah merencanakan penerapan bayar tol tanpa kartu yang pasti akan memangkas waktu pembayaran di gerbang tol yang kadang sering memicu kemacetan. Rencana ini akan diterapkan mulai akhir tahun sebagai uji coba dan efektif berlaku pada 2023 2024....
  • HOT !
    Lebaran 2022 atau perayaan Idul Fitri 1443 H yang datang di minggu depan, ada kemungkinan besar akan jatuh di hari yang sama, yaitu 2 Mei 2022. Padahal awal berpuasa berbeda tapi bagaimana mungkin Lebarannya bersamaan?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)