home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

'Terlalu Islami', Korea Selatan Akan Ganti Desain Paspor Pertama Kali dalam 32 Tahun

Jumat, 11 Mei 2018 15:10 by fzhchyn | 33954 hits
'Terlalu Islami', Korea Selatan Akan Ganti Desain Paspor Pertama Kali dalam 32 Tahun
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Untuk pertama kalinya dalam 32 tahun, Korea Selatan akan mengganti warna dan desain paspor mereka. Paspor Negeri Ginseng yang selama ini memiliki warna hijau akan diganti menjadi navy blue atau biru dongker.

Melansir dari laman Korea Herald, Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata mengumumkan pada 2 Mei lalu bahwa mereka berencana meluncurkan desain paspor Korea Selatan yang baru pada tahun 2020.


Image source: design.co.kr

Wujud paspor baru seperti yang terlihat pada gambar di atas merupakan hasil desain Kim Soo Jung, seorang profesor di Seoul National University, yang merupakan pemenang kontes pada 2007 lalu untuk memilih desain untuk meningkatkan paspor Korea saat ini.

Baca juga: Skandal Istri Capres Korsel: Rumor Mantan 'Pelayan', Bicara Kotor Hingga Punya Fanclub Sendiri

Perubahan ini dilakukan karena ada banyak pendapat di masa lalu tentang warna paspor Korea. Permohonan publik diajukan pada bulan Maret di situs web Cheong Wa Dae yang mengklaim bahwa mayoritas negara yang mengadopsi paspor berwarna hijau adalah Negara Muslim atau ‘Islami’. Dan hal tersebut tidak sesuai dengan budaya Korea Selatan, di mana agama Islam adalah minoritas.

Selain warna baru, paspor Korea yang diperbarui ini juga akan memiliki chip elektronik yang memungkinkan pemrosesan lebih cepat saat di gate atau pintu. Setiap halaman paspor baru akan memiliki ilustrasi warisan budaya Korea, namun apa itu item tepatnya nasih dalam tahap diskusi, begitu pula dengan warna dan font yang lebih spesifik. Pihak kementerian berencana menyelesaikan detail desainnya pada tahun ini.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Terbiasa dengan pelat hitam tulisan putih di kendaraan pribadi? Nantinya hal itu akan berubah, Dreamers. Karena Korlantas Polri akan segera menerapkan perubahan warna pelat nomor kendaraan pribadi yang tentu berimbas juga pada pelat jenis kendaraan lain....
  • HOT !
    Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengonfirmasi jika nama ibu kota negara yang telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi adalah ‘Nusantara’. Berbagai komentar pro dan kontra pun mengikuti pengumuman ini....
  • HOT !
    Selain menjadi tahun penuh tantangan, ada sederet momen memprihatinkan yang menambah perjuangan perjalanan 2021. Mulai dari bencana alam, hingga hilangnya moda transportasi besar nasional....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)