home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Resmi Ditahan KPK, Sebenarnya Berapa Dugaan Suap yang Diterima Gubernur Jambi Zumi Zola?

Selasa, 10 April 2018 10:01 by reinasoebisono | 1329 hits
Resmi Ditahan KPK, Sebenarnya Berapa Dugaan Suap yang Diterima Gubernur Jambi Zumi Zola?
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Dalam perkara dugaan gratifikasi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya resmi menahan Gubernur non-aktif Jambi Zumi Zola setelah beberapa kali menjalani pemeriksaan. Gubernur yang juga mantan artis itu memang kerap menyanggah keterlibatannya dalam kasus suap, namun KPK masih gencar memeriksa bukti yang ada.

Salah satunya yang dikonfirmasi oleh Juru Bicara KPK Febri Diansyah, penyidik masih memeriksa sejumlah bukti hasil penggeledahan pada Operasi Tangkap Tangan atau OTT sebelumnya. Zumi sendiri diduga menerima ‘jatah’ untuk memuluskan proyek di Jambi selama menjbata.

Hingga saat ini, Febri mengatakan KPK telah memeriksa 38 saksi dalam perkara  korupsi pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Jambi 2018. 


Zumi Zola (memakai rompi oranye)

Baca juga: Zumi Zola, Aktor Jadi Gubernur yang Dipenjara dan Digugat Cerai Istri

"Kami cross check agar semakin utuh memetakan gratifikasi yang diperoleh tersangka," kata Febri. "Unsur saksi ada dari DPRD Jambi, pemerintah provinsi Jambi dan swasta untuk tersangka ZZ dan ARN," 

Setelah diperiksa 9 jam, Zumi Zola langsung digiring dan dijebloskan ke penjara. Zumi juga diduga terlibat dalam kasus dugaan suap pengesahan Rancangan APBD Jambi 2018, yang dibongkar KPK lewat operasi tangkap tangan (OTT). Ada empat orang yang sudah ditetapkan tersangka dalam kasus 'uang ketuk' RAPBD itu, tiga di antaranya anak buah Zumi di Pemprov Jambi.

Dalam OTT, KPK menyita uang Rp4,7 miliar dari total Rp6 miliar diduga telah disiapkan pihak Pemprov Jambi bagi anggota DPRD Jambi. KPK pun menyangka Zumi menerima hadiah kurang lebih Rp6 miliar.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta yang akan memilih Gubernurnya alias Pilgub di akhr tahun 2024 ini diprediksi masih akan jadi persaingan terpanas pemilihan kepala daerah Se Indonesia. Walaupun, statusnya sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia....
  • HOT !
    Princess of Wales Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatannya dan mengonfirmasi ia mengidap kanker lewat sebuah video penuh haru. Pakar atau ahli Bahasa tubuh pun membeberkan arti dari gestur tubuh Kate Middleton....
  • HOT !
    Beberapa minggu belakangan kembali menyebar rumor heboh tentang Ibu Negar Perancis, Brigitte Macron yang disebut terlahir sebagai pria dan menjadi transgender wanita di kemudian hari. Padahal, rumor itu sudah berhembus tahun lalu dan dibawa ke pengadilan oleh Brigitte Macron dan ia memenangkan kasus fitnah melawan jurnalis yang mengklaim hal tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)