home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inikah Penyebab Utama Gempa Guncang Wilayah Banten 3 Kali dalam Sepekan?

Jumat, 26 Januari 2018 18:34 by Dits | 2855 hits
Inikah Penyebab Utama Gempa Guncang Wilayah Banten 3 Kali dalam Sepekan?
image source: BBC

DREAMERS.ID - Guncangan gempa susulan yang terjadi di Lebak, Banten pada Jumat (26/1) siang terasa hingga wilayah Jakarta dan sekitarnya. Gempa berkekuatan 5,1 SR ini diketahui berpusat di laut pada jarak 72 km arah baratdaya Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, di kedalaman 26 km.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan kalau gempa yang terjadi merupakan gempa susulan pada Selasa 23 Januari 2018 yang kala itu berkekuatan 6 SR (sebelumnya diberitakan 6.4 SR).

"Gempa bumi selatan Lebak Banten ini termasuk dalam klasifikasi gempa berkedalaman dangkal," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Moch Riyadi, mengutip laman Liputan6, Jumat (26/1).

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

Menurut Moch Riyadi, gempa yang terjadi beberapa kali ini karena adanya aktivitas di dasar laut karena pergerakan lempang Indonesia-Australia. "Akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia," lanjut Moch Ruyadi.

Seperti yang diberitakan, sehari berselang gempa pertama terjadi pada Selasa, 23 Januari 2018, gempa kembali terjadi pada Rabu, 24 Januari 2018 pukul 13.32 WIB dengan kekuatan 5,1 SR. Saat gempa terjadi, warga Jakarta yang beraktivitas langsung berhamburan keluar ruangan mencari tempat yang aman.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta yang akan memilih Gubernurnya alias Pilgub di akhr tahun 2024 ini diprediksi masih akan jadi persaingan terpanas pemilihan kepala daerah Se Indonesia. Walaupun, statusnya sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia....
  • HOT !
    Princess of Wales Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatannya dan mengonfirmasi ia mengidap kanker lewat sebuah video penuh haru. Pakar atau ahli Bahasa tubuh pun membeberkan arti dari gestur tubuh Kate Middleton....
  • HOT !
    Beberapa minggu belakangan kembali menyebar rumor heboh tentang Ibu Negar Perancis, Brigitte Macron yang disebut terlahir sebagai pria dan menjadi transgender wanita di kemudian hari. Padahal, rumor itu sudah berhembus tahun lalu dan dibawa ke pengadilan oleh Brigitte Macron dan ia memenangkan kasus fitnah melawan jurnalis yang mengklaim hal tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)