home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Perusahaan Jamu Nyonya Meneer Dinyatakan Pailit Setelah Berdiri Satu Abad

Jumat, 04 Agustus 2017 19:00 by reinasoebisono | 1780 hits
Perusahaan Jamu Nyonya Meneer Dinyatakan Pailit Setelah Berdiri Satu Abad
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Sebuah perusahaan bisa dinyatakan dalam kondisi pailit ketika terlibat hutang dan tidak mampu melunasinya. Pernyataan status tersebut umumnya diberikan oleh pengadilan karena sebuah perusahaan tak lagi mampu membayar kreditur.

Jamu Nyonya Meneer, produsen jamu yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia dinyatakan pailit oleh pengadilan. Pabrik yang terkenal dengan slogan ‘Berdiri sejak tahun 1919’ itu pailit setelah berdiri hampir seabad.

Nyonya Meneer dinyatakan pailit setelah digugat kreditur asal Sukoharjo, Hendrianto Bambang Santoso dan terbukti tidak sanggup membayar hutang. Pailit sendiri adalah proses ketika satu pihak tak dapat membayar utang hingga dimungkinkan harta debitur dapat dibagikan kepada para kreditur sesuai undang-undang yang berlaku.

Baca juga: Kaget, Bos Nyonya Meneer Sangkal Perusahaannya Dinyatakan Pailit?

"Putusannya pembatalan perjanjian damai antara jamu Nyonya Meneer dengan para kreditur. Inti putusannya dinyatakan pailit," kata Humas PN Semarang M Saenal.

Kasus ini dinyatakan sah oleh hakim Pengadilan Niaga Semarang pada 8 Juni 2015 lalu dengan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) antara debitor dan 35 kreditor. Pihak yang menggugat, Hendrianto menggugat pailit Nyonya Meneer karena tidak menyelesaikan hutang sesuai prosedur perdamaian. Dari total hutang Rp 7.04 miliar, Hendrianto hanya menerima Rp 118 juta.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta yang akan memilih Gubernurnya alias Pilgub di akhr tahun 2024 ini diprediksi masih akan jadi persaingan terpanas pemilihan kepala daerah Se Indonesia. Walaupun, statusnya sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia....
  • HOT !
    Princess of Wales Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatannya dan mengonfirmasi ia mengidap kanker lewat sebuah video penuh haru. Pakar atau ahli Bahasa tubuh pun membeberkan arti dari gestur tubuh Kate Middleton....
  • HOT !
    Beberapa minggu belakangan kembali menyebar rumor heboh tentang Ibu Negar Perancis, Brigitte Macron yang disebut terlahir sebagai pria dan menjadi transgender wanita di kemudian hari. Padahal, rumor itu sudah berhembus tahun lalu dan dibawa ke pengadilan oleh Brigitte Macron dan ia memenangkan kasus fitnah melawan jurnalis yang mengklaim hal tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Jimelsa Anatasha (OC) , Nam Joo Hyuk = Alvaro Gomer Jianheeng, All Member Infinite, Kim Mi Ra

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)