home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lulus dengan IPK 3.96, Anak Tukang Becak Ini Jadi Inspirasi

Kamis, 12 Juni 2014 13:15 by citra09 | 8137 hits
Lulus dengan IPK 3.96, Anak Tukang Becak Ini Jadi Inspirasi
Tempo.co

DREAMERSRADIO.COM - Sebuah prestasi membanggakan diraih oleh seorang wisudawati di Universitas Negeri Semarang bernama Raeni. Ia menjadi inspirasi karena berhasil lulus dengan predikat cumlaude nyaris sempurna yaitu dengan IPK 3.96.

Wanita lulusan Fakultas Ekonomi tersebut juga mencuri perhatian seluruh wisudawan dan para orang tua di hari wisuda kelulusannya pada Selasa (10/06), karena datang dengan becak yang merupakan sumber penghasilan sang ayah bernama Mugiyono.

Meski demikian, Raeni tidak malu. Dilansir Tempo, Mugiyono setiap harinya mencari nafkah dengan menjadi seorang tukang becak, yang mengkal di kelurahan Langenharjo, Kendal, tak jauh dari rumahnya. Pekerjaan tersebut dilakukannya sejak ia berhenti menjadi karyawan di sebuah pabrik kayu.

"Penghasilan tukang becak tak menentu. Sekitar Rp 10 ribu–Rp 50 ribu (per-harinya)," ujar Mugiyono, seperti dikutip di situs resmi Universitas Negeri Semarang, unnes.ac.id.

Berasal dari keluarga tidak mampu tak menjadi halangan bagi Reni untuk menuai prestasi. Raeni berkali-kali meraih indeks prestasi (IP) 4 di setiap semesternya, hingga akhirnya ia lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatik (IPK) 3.96.

Baca juga: Luna Maya Masuk '99 Wanita Menginspirasi' Bersanding dengan Susi Pudjiastuti

“Meski berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi yang kurang, Raeni tetap bersemangat dan mampu menunjukkan prestasinya. Sampai saat ini Unnes menyediakan 26 persen dari jumlah kursi yang dimilikinya untuk mahasiswa dari keluarga tidak mampu. Kami sangat bangga dengan apa yang diraih Raeni,” ungkap rektor Universitas Negeri Semarang, Fatur Rokhman, dikutip dari Tempo.

Meski telah meraih prestasi membanggakan, namun Raeni tak berhenti sampai di sini saja. Ia mengaku masih ingin terus melanjutkan kuliah, jika bisa kembali mendapatkan beasiswa. Keinginan Raeni ini pun sepertinya akan segera terwujud karena sang rektor dikabarkan memberikan kesempatan beasiswa bagi Raeni untuk kuliah di Inggris.

Wah, semoga kisah Raeni ini bisa jadi inspirasi buat kita semua ya^^

(ctr/Tempo)

Komentar
  • HOT !
    Beragam cara dilakukan oleh pemerintah untuk menarik warganya agar mau vaksin. Jika di Indonesia biasanya mendapatkan snack atau makanan ringan maupun bingkisan, beda dengan di wilayah ini yang menawarkan uang tunai....
  • HOT !
    Pemerintah Arab Saudi mengumumkan telah membuka izin umroh bagi jamaah internasional mulai 10 Agustus 2021 mendatang, dengan ketentuan sudah melaksanakan vaksin Covid 19. Dengan catatan, sesuai protokol yang sudah berlaku....
  • HOT !
    Vaksin merupakan salah satu syarat utama agar tidak terpapar Covid 19. Salah satu yang digunakan di Indonesia adalah vaksin AstraZeneca, yang mana ternyata ada peran pemuda tanah air di balik pembuatannya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : kradmisaki
Cast : penitipan anjing di kenjeran

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)