home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Menarik Di Balik Nama Unik Kereta Cepat 'WHOOSH'

Jumat, 22 September 2023 12:00 by reinasoebisono | 364 hits
Fakta Menarik Di Balik Nama Unik Kereta Cepat 'WHOOSH'
Image source: Tangerang Raya

DREAMERS.ID - Kereta Cepat Jakarta Bandung atau KCJB resmi diberi nama ‘WHOOSH’ oleh pemerintah. Nama tersebut telah disetujui oleh tim pengarah jenama kereta cepat yang diisi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Nama ‘WHOOSH’ memiliki kepanjangan Waktu Hemat, Operasi Optimal dan Sistem Handal. Nama tersebut dijelaskan Budi diambil sesuai dengan pengalaman para Menteri dan Presuden Jokowi saat uji coba kereta cepat. Maksudnya, karena ‘WHOOSH’ juga merupakan ungkapan yang menggambarkan kecepatan.

"Pak Pratikno bersama Pak Presiden (berdiskusi dalam kereta cepat), lalu saya gabung, beliau bilang, kalau cepat di Indonesia namanya whoosh," kata Budi dalam konferensi pers, Kamis (21/9).

"Jadi unik, saya pikir ini satu pernyataan yang menggembirakan, karena saya juga surprise nama ini. Sama surprisenya dengan kereta cepat yang cepat dan tanpa gangguan," ucap Budi.

Baca juga: Respon Jokowi Saat Kereta Cepat Disebut Enggak Bakal Balik Modal Sampai Kiamat

Menteri Budi juga percaya diri akan nama tersebut lebih keren dan tidak kalah dari kereta cepat lainnya seperti Shinkansen Jepang atau kereta TGV (Train à Grande Vitesse) di Perancis.

"Bahkan kalau mau sombong sedikit dengan Shinkansen atau TGV lebih bagus ini (Whoosh) ya. It's OK. Kita perlu memberikan kebanggaan terhadap apa yang kita lakukan," ucap Budi dalam konferensi pers, dikutip Jumat (22/9), mengutip CNBC Indonesia.

Sementara itu, Triawan Munaf yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Panel Penilai Lomba Identitas Jenama (nama & logo) Kereta Cepat Indonesia mengatakan jika pembuatan logo ‘WHOOSH’ sedang dalam tahap penilaian setelah dimulai sejak Juli lalu.

"WHOOSH" dalam bahasa Inggris memang artinya sama, cepat. Kami itu mencari istilah yang tak hanya diterima lokal, tapi internasional juga," ucap Triawan melansir CNN Indonesia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta yang akan memilih Gubernurnya alias Pilgub di akhr tahun 2024 ini diprediksi masih akan jadi persaingan terpanas pemilihan kepala daerah Se Indonesia. Walaupun, statusnya sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia....
  • HOT !
    Princess of Wales Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatannya dan mengonfirmasi ia mengidap kanker lewat sebuah video penuh haru. Pakar atau ahli Bahasa tubuh pun membeberkan arti dari gestur tubuh Kate Middleton....
  • HOT !
    Beberapa minggu belakangan kembali menyebar rumor heboh tentang Ibu Negar Perancis, Brigitte Macron yang disebut terlahir sebagai pria dan menjadi transgender wanita di kemudian hari. Padahal, rumor itu sudah berhembus tahun lalu dan dibawa ke pengadilan oleh Brigitte Macron dan ia memenangkan kasus fitnah melawan jurnalis yang mengklaim hal tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)