home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Banyak Distraksi, Ini Cara Agar Tetap Fokus Saat WFH

Kamis, 14 Januari 2021 10:10 by fzhchyn | 3412 hits
Banyak Distraksi, Ini Cara Agar Tetap Fokus Saat WFH
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Di situasi pandemi ini, banyak orang yang harus bekerja dari rumah alias work from home (WFH). Sama halnya saat bekerja di kantor, bekerja di rumah juga perlu fokus agar segala tugas bisa terselesaikan.

Apalagi dalam praktiknya WFH tidak mudah dilakukan. Selain harus membagi waktu dengan keluarga dan mengerjakan tugas rumah tangga, seringkali pegawai juga bekerja dalam durasi yang lebih lama ketimbang di kantor.

Selain itu, produktivitas juga menjadi tantangan, lantaran banyaknya distraksi saat kerja di rumah. Nah berikut adalah cara yang bisa dilakukan agar fokus saat bekerja di rumah:

1. Buat dan patuhi jadwal

Karena kerja dari rumah berarti tidak ada jam kerja resmi seperti halnya kerja di kantor, pastikan kamu mengatur waktu dengan baik. Kamu bisa menentukan durasi kerja selama delapan jam atau sesuai kenyamanan. Penting bahwa jadwal kerja yang telah dibuat itu hanya dialokasikan untuk bekerja. Sesuaikan juga dengan jadwal kegiatan sehari-hari lainnya di rumah.

2. Hilangkan distraksi yang tak perlu

Ketika kerja dari rumah, seringkali godaan untuk mengecek media sosial sangat besar. Apakah sekadar melihat unggahan terbaru atau berinteraksi dengan teman-teman. Oleh karenanya, penting untuk mematikan ponsel ketika harus bekerja tanpa gangguan.

3. Mendengarkan musik

Bagi sebagian orang, bekerja sambil mendengarkan musik bisa membuat diri lebih fokus karena tidak mendapat gangguan atau noise dari luar. Selain itu, pilihan musik yang didengarkan juga bisa mempengaruhi mood dan semangat dalam bekerja.

4. Ciptakan batasan dengan keluarga dan teman

Pastikan kamu menciptakan batasan dengan keluarga dan teman ketika bekerja, sehingga mereka tidak menjadi tantangan bagi produktivitasmu. Beritahu mereka terkait jadwal kerja untuk menghilangkan konflik atau ketidaknyamanan lainnya.

5. Camilan

Masing-masing orang punya cara yang berbeda untuk fokus dalam bekerja. Ada orang yang merasa lebih fokus jika dirinya “bekerja sambil mengunyah”. Tak perlu makanan berat, camilan atau permen karet bisa menjadi solusi, tak terkecuali permen HEXOS yang memiliki varian rasa mint dan lemon yang bisa meningkatkan mood.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)