home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Profil Zhang Yiming, Konglomerat Tiongkok yang Kaya Raya Berkat TikTok

Selasa, 24 November 2020 16:50 by RandyW | 5492 hits
Profil Zhang Yiming, Konglomerat Tiongkok yang Kaya Raya Berkat TikTok
Image Source: Business Insider

DREAMERS.ID - Zhang Yiming adalah pendiri dari ByteDance dan menjadi salah satu orang terkaya di China saat ini. Total kekayaan Zhang ditaksir mencapai US$ 16,2 miliar atau setara Rp 228 triliun.

Sumber kekayaan dari Zhang Yiming tak lain berkat aplikasi Tiktok dan Jinri Toutiau yang booming di berbagai negara. Berdasarkan laporan SCMP, kesuksesan yang diraih oleh Zhang Yiming tak seindah arti namanya yang berasal dari pepatah China.

Dilansir dari laman Detik, Zhang Yiming merupakan lulusan Universitas Nankai jurusan rekayasa perangkat lunak. Setelah lulus, ia bekerja di perusahaan Kuxun dan bertanggung jawab atas teknologi back-end dan tugas lain yang terkait dengan produk.

"Saat itu saya bertanggung jawab atas teknologinya, tapi ketika produknya bermasalah, saya akan aktif berpartisipasi dalam pembahasan product plan. Banyak orang mengatakan bukan ini yang seharusnya saya lakukan," ceritanya.

"Tapi saya ingin mengatakan: rasa tanggung jawab Anda dan keinginan Anda untuk melakukan sesuatu dengan baik, akan mendorong Anda untuk melakukan lebih banyak hal dan mendapatkan pengalaman," kata Zhang.

Baca juga: 7 Artis TikTok dengan Pendapatan Tertinggi di Tahun 2020

Lalu ia mempelajari cara penjualan dari kliennya, "Saya ingat pada akhir tahun 2007, saya pergi menemui klien dengan direktur penjualan. Pengalaman ini memberitahu saya penjualan apa yang merupakan penjualan yang baik. Ketika saya mendirikan Toutiao dan merekrut staf, contoh-contoh ini sangat membantu saya," lanjutnya

Di usia 36 tahun Zhang dapat meraih kesuksesannya berkat mendirikan ByteDance. "Sejak saya menjadi pengusaha, saya telah dihadapkan pada lebih banyak orang dan pengalaman. Ketika saya masih seorang insinyur, pola pikir saya sangat terbatas."

"Tapi sekarang saya harus mengembangkan produk, yang membuat saya perlu memahami pengguna kami dan apa yang mereka inginkan," ujar Zhang.

Pada Oktober lalu, Zhang mendapatkan kucuran dana dari investor baru sebesar US$ 3 miliar. Menurut Crunchbase, investor besar di ByteDance di antaranya adalahnya General Atlantic, SoftBank, KKR & Co dan Primavera Capital Group.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Pandemi tidak mengurangi industri K Pop untuk terus berkembang, bahkan bisa dibilang tetap cemerlang dengan menarik banyak penggemar baru. Menurut data terkini, ada total 100 juta fans K Pop di seluruh dunia....
  • HOT !
    Tim SAR telah mengirimkan dua kantong jenazah ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati dari hasil pencarian pesawat Sriwijaya Air yang hilang kontak dan jatuh di perairan Kepulauan Seribu 4 menit setelah lepas landas....
  • HOT !
    Kerusuhan terjadi di Gedung Capitol Hill, Washington DC, Amerika Serikat pada Rabu (6/1) waktu setempat. Pihak kepolisian melaporkan bahwa sebanyak empat orang tewas dalam demonstrasi yang dilakukan pendukung Donald Trump tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)