home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kata WHO Pandemi Covid-19 Bisa Dilawan Tanpa Vaksin

Kamis, 19 November 2020 14:10 by RizkiSetiawaan | 413 hits
Kata WHO Pandemi Covid-19 Bisa Dilawan Tanpa Vaksin
Image Source: voanews.com

DREAMERS.ID - Saat ini vaksin tengah menjadi bahan perbincangan dunia, karena dianggap dapat membuat tubuh kita kebal terhadapa virus corona. Namun World Health Organization (WHO) baru-baru ini mengatakan bahwa vaksin seharusnya tidak dipandang sebagai solusi yang jitu dalam menangani pandemi covid-19.

Direktur kedaruratan WHO Michael Ryan, telah mengatakan bahwa vaksin tidak akan tiba pada waktunya untuk menanggulangi gelombang kedua pandemi. Belakangan ini, vaksin buatan perusahaan farmasi sudah menjanjikan, namunbanyak negara yang bakal mengalami gelombang kedua dan akan menjalaninya tanpa menggunakan vaksin.

"Kita perlu mengerti dan menginternalisasinya, serta menyadari: Kita harus mendaki gunung kali ini, tanpa vaksin," katanya seperti disiarkan AFP, Rabu (19/11), mengutip CNN Indonesia.

Pfizer juga telah menyelesaikan pengembangan vaksin yang mereka buat dan menghasilkan tingkat efektivitas hingga 95 persen untuk melawan covid-19. Di awal minggu, Moderna juga mengatakan kandidat vaksin yang mereka produksi juga memiliki efektivitas hingga 94,5 persen. Sementara vaksin buatan Rusia tingkat efektivitasnya diklaim hingga 90 persen.

Baca juga: Adegan Lee Seung Gi di Drama 'The Law Cafe' Ini Tuai Pujian Dirjen WHO

Melansir CNN Indonesia, Ryan juga mengimbau agar tidak mengendurkan kewaspadaan pada virus corona karena keyakinan yang keliru bahwa vaksin akan menyelesaikan masalah.

"Beberapa orang berpikir vaksin akan, dalam arti tertentu, menjadi solusi, sebuah unicorn yang kita semua kejar. Tidak seperti itu," katanya. Lanjutnya "Jika kita memiliki vaksin dan melupakan hal lainnya, Covid tidak akan menjadi nol," ucapnya lagi.

Sejak awal covid-19 menyebar ke seluruh dunia diawali dari China pada bulan Desember 2019 lalu, jumlah kasus yang terinfeksi mencapai angka 55,6 juta orang. Sedangkan jumlah korban meninggal dunia karena virus corona sudah menyentuh angka 1,3 juta orang.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)