home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pernyataan BPOM: Vaksin Covid-19 Alami Penundaan

Rabu, 18 November 2020 13:50 by RizkiSetiawaan | 288 hits
Pernyataan BPOM: Vaksin Covid-19 Alami Penundaan
Image Source:pom.go.id

DREAMERS.ID - Baru-baru ini, Kepala Badan Pengawasan Obat dan Minuman (BPOM) yaitu Penny Lukito mengatakan bahwa rencana vaksin covid-19, yang awalnya ditargetkan pada bulan Desember ini mengalami penundaan. 

Hal ini dikarenakan emergency use of authorization (EUA) atau izin yang akan dikeluarkan untuk kepentingan secara mendesak, tidak mungkin langsung diberikan pada akhir tahun ini dan diundur sampai bulan Januari 2021 mendatang.

"Kami sudah sampaikan pada pemerintah, bapak presiden, dan bapak menteri kesehatan bahwa data tidak bisa didapatkan untuk minggu ketiga Desember 2020, sehingga tidak bisa diberikan EUA pada Desember minggu kedua atau ketiga 2020," ujar Penny, mengutip CNN Indonesia

Penny juga mengatakan bahwa data yang tidak dapat dilengkapi itu di antaranya adalah meliputi hasil dari uji klinik vaksin covid-19 Sinovac yang telah diuji coba di Bandung, dan memiliki hasil analisis uji klinik mid term. Apabila data-data sudah dilengkapi maka izin EUA akan diberikan pada minggu ketiga Januari 2021.

"Sehingga kita mundur kembali ke rencana awal EUA diberikan pada minggu ketiga Januari 2021 dengan data-data. Kalau semua data bisa dilengkapi dengan baik kita bisa memberikan di minggu ketiga Januari 2021," jelasnya.

Melansir dari CNN Indonesia, Penny juga memberikan opsi apabila vaksin covid-19 sudah tiba di Indonesia pada November atau Desember ini. Seperti vaksin covid-19 dapat diberikan berdasarkan compassionate use, atau penggunaan obat atau vaksin yang masih dalam pengembangan tapi sudah memiliki cukup data yang dikaitkan dengan mutu.

Di Indonesia sendiri, uji klinis tahap akhir ditargetkan selesai pada bulan Desember 2020. Sedangkan Sinopharm sudah menyelesaikan uji klinis tahap akhir di Uni Emirat Arab (UEA) dan Turki. Adapun CanSino sudah selesaikan uji klinis tahap akhir di Kanada, China, dan Arab Saudi.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Baru baru ini, KPK telah menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo. Ia ditangkap bersama sang istri dan 13 orang lainya di Bandara Internasional Soekarno Hatta setibanya dari Amerika Serikat....
  • HOT !
    Saat ini, beberapa negara yang 'sempat' sukses melawan virus corona kini harus menghadapi gelombang baru. Bukan lagi gelombang kedua, ada negara yang menghadapi gelombang ketiga corona....
  • HOT !
    Upah minimum di Indonesia sendiri tidak mengalami penaikan pada tahun ini, namun berbeda dengan negara Arab Saudi. Arab Saudi akan menaikkan upah minum kepada warganya sebesar 33 persen dari sebelumnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)