home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Akhirnya Buka Suara, Presiden Prancis, Macron: Saya Mengerti Perasaan Umat Muslim

Minggu, 01 November 2020 12:30 by Rie127 | 23198 hits
Akhirnya Buka Suara, Presiden Prancis, Macron: Saya Mengerti Perasaan Umat Muslim
Image SOurce: BBC

DREAMERS.ID - Setelah menuai kontroversi karena karikatur bergambar Nabi Muhammad, Presiden Prancis, Emmanuel Macron akhirnya buka suara, serta menanggapi adanya karikatur yang dianggap sebagai sebuah kebebasan.

Dalam wawancara eksklusif dengan Aljazirah, pada Sabtu (31/10), Macron mengaku memahami perasaan terkejut umat Muslim atas penerbitan kartun Nabi Muhammad, yang dianggap sebagai sebuah penghinaan.

“Saya mengerti dengan sentimen yang ada dan saya menghormatinya,” ujarnya.

Namun, ia menambahkan, dunia harus mengerti bahwa ia memiliki dua peran saat ini, yakni mendorong ketenangan dan melindungi hak berekspresi, termasuk hak untuk menyampaikan pendapat.

“Saya akan selalu membela hak berbicara, menulis, dan menggambar di negara saya,” kata Macron.

Baca juga: Bikin Heboh Lagi, Macron Beri Peringatan Kepada Dewan Muslim Prancis

Karikatur Nabi Muhammad dianggap sebagai buatan Prancis. Namun, Macron memiliki argumennya sendiri. Dia mengatakan hal itu distorsi dari beberapa pemimpin politik sehingga orang percaya kartun tersebut adalah buatan Prancis.

“Saya pikir reaksi itu hasil dari kebohongan dan distorsi kalimat saya karena orang tahu saya mendukung kartun itu,” ujarnya.

Macron kemudian membahas mengenai penerbitan ulang karikatur oleh majalah Charlie Hebdo baru-baru ini untuk menandai pembukaan persidangan atas serangan mematikan terhadap stafnya pada 2015. Kartun publikasi yang berbasis di Paris tersebut dikutip sebagai alasan penyerangan.

“Karikatur bukanlah proyek pemerintah, tetapi muncul dari surat kabar bebas dan independen yang tidak berafiliasi dengan pemerintah,” kata Macron.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprediksi daerah yang kemungkinan terkena hujan es batu. Tomi Ilham mengatakan hujan es baru bisa dideteksi setengah jam sebelum kejadian....
  • HOT !
    Presiden China Xi Jinping pada tanggal Rabu (25/11) kemarin, telah menyampaikan ucapan selamat kepada presiden terbaru Amerika Serikat, Joe Biden atas kemenangnya dalam pemilihan Presiden Amerika Serikat tahun 2020....
  • HOT !
    Baru baru ini, KPK telah menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo. Ia ditangkap bersama sang istri dan 13 orang lainya di Bandara Internasional Soekarno Hatta setibanya dari Amerika Serikat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)