home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Perancis Tuai Kecaman Umat Islam Dunia Akibat Kartun Nabi, Presiden Disebut Hilang Akal Sehat

Rabu, 28 Oktober 2020 21:41 by RandyW | 1968 hits
Perancis Tuai Kecaman Umat Islam Dunia Akibat Kartun Nabi, Presiden Disebut Hilang Akal Sehat
Image Source: Minews ID

DREAMERS.ID - Perancis kini sedang menjadi sorotan dunia terkait kartun Nabi Muhammad yang kembali muncul di sana. Serta pernyataan presiden Emmanuel Macron tentang Islam yang menuai pro kontra sampai disebut hilang akal oleh presiden Turki, Erdogan.

Pernyataan dari Presiden Perancis Emmanuel Marcon yang menyebutkan Islam sebagai teroris, setelah munculnya kasus guru yang ditusuk dan dipenggal karena menggunakan karikatur Nabi Muhammad dalam pembelajaran kebebasan berekspresi.

Umat muslim mempercayai bahwa penggambaran Nabi adalah suatu penghinaan dan penghujatan, dan hal ini lah yang membuat umat muslim di dunia marah. Seruan memboikot barang-barang Perancis menjadi bentuk protes terhadap pernyataan Marcon yang tidak melarang pencetakan karikatur Nabi Muhammad.

Reaksi yang sama ditunjukan oleh presiden Turki, Reccep Tayyip Erdorgan yang menyerukan umat muslim di beberapa negara untuk memboikot Perancis. Alhasil sejumlah toko menarik produk buatan Perancis dari etalase toko.

Baca juga: Bikin Heboh Lagi, Macron Beri Peringatan Kepada Dewan Muslim Prancis

Tidak sampai disitu, Erdorgan menyampaikan suaranya kepada Arab agar warganya menolak barang Perancis. "Jangan pernah memberi keuntungan pada barang-barang berlabel Perancis, jangan membelinya," kata Erdogan dalam pidatonya yang disiarkan Ankara.

Erdogan juga mempertanyakan kesehatan mental Marcon dan menyebutnya 'kehilangan akal sehatnya' karena masalah tersebut. Selain Turki, negara lain yang memprotes pernyataan Marcon adalah Inggris, Kuwait, Qatar, Palestina, Mesir, Aljazair, Yordania, Arab Saudi, termasuk Indonesia.

Melansir dari VOA, kelompok yang menyebut diri Aksi Komite Perjuangan Umat bersama kelompok islamis lainnya, berencana mengadakan demonstrasi menuju kedutaan Perancis di Jakarta pada Jumat 30 Oktober untuk mengecam dan menghimbau boikot produk Perancis.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Di tengah polemik Habib Rizieq dan keramaiannya yang diikuti dengan pemanggilan polisi. Muncul dokumen yang menyebutkan bahwa ia positif COVID 19. Kabar itu tentu membuat heboh, apalagi hasil tesnya tidak terungkap hingga saat ini....
  • HOT !
    Pada Selasa (1/12) sekitar pukul 13.45 WIBmassa mendatangi rumah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Kelurahan Bugih, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Padahal saat itu, Mahfud tidak di sana dan rumah tersebut tinggali oleh sang ibu....
  • HOT !
    Setelah sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengumumkan dirinya positif COVID 19, kini Gubernur Anies Baswedan juga dinyatakan positif usai terpapar virus corona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)