home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kakeibo, Cara Menabung Sederhana Ala Orang Jepang

Rabu, 21 Oktober 2020 13:15 by bonita99 | 1410 hits
Kakeibo, Cara Menabung Sederhana Ala Orang Jepang
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Kegiatan menabung memang terdengar mudah, namun pada praktiknya menabung sulit untuk diterapkan. Selalu tergoda untuk membeli sesuatu yang akibatnya mengeluarkan uang terus-menerus. Jika kamu ingin menabung dengan cara yang sederhana, kamu bisa ikuti metode kakeibo.

Kakeibo atau jurnal penganggaran ditemukan oleh jurnalis perempuan pertama dari Jepang, Hani Motoko, pada awal 1900-an, untuk membantu perempuan mengatur keuangan. Konsepnya adalah menulis rencana yang akan kamu lakukan di dalam jurnalmu.

Melansir Kompas.com, berikut lima cara untuk menerapkan kakeibo dalam kehidupan sehari-hari.

Fokus pada pengeluaran

Filosofi kakeibo mengatakan, untuk menabung dengan baik tentu perlu menggunakan uang dengan baik. Artinya, ketika kamu melihat aktivitas menabung sebagai suatu keharusan, itu akan menjadi sebuah tugas. Tetapi, jika kamu memandangnya sebagai sesuatu yang membantu untuk membelanjakan sesuatu keinginanmu, maka akan ada dorongan untuk menabung.

Catat semuanya

Ketika kamu mengelola sebuah jurnal penganggaran, pada dasarnya yang kamu lakukan adalah mencatat jumlah pengeluaran. Cobalah untuk menuliskannya secara langung di jurnal fisikmu. Maka, kamu memberi dirimu sendiri waktu dan ruang untuk melihat pengeluaran secara detail. Catat semua pengeluaran pokok bulanan, sisanya kamu belanjakan atau ditabung.

Jujur tentang keinginan dan kebutuhan

Setelah mengetahui berapa banyak uang yang harus kamu sisakan, kamu akan menyadari apa yang kamu inginkan dan butuhkan. Tahapan ini akan membuatmu menyadari perbedaan hal-hal yang mutlak antara kebutuhan atau hanya keinginan. Maka kamu bisa mengetahui di mana pengeluaran harus dikurangi.

Hindari menggunakan kartu kredit

Hindari berbelanja menggunakan kartu kredit, cobalah tarik tunai uang di awal setiap bulannya, dan bagi dalam amplop berlabel. Maka kecil kemungkinan untuk membelanjakan uang dalam amplop-amplop tersebut untuk hal-hal seperti nongkrong di kafe, jajan camilan, dan lainnya.

Lihat perkembanganmu setiap akhir bulan

Setiap akhir bulan, kamu lihat kembali jurnal penganggaranmu. Kemudian, periksa pengeluaranmu dengan rapi. Pada awalnya mungkin jumlah tabunganmu tidak besar, tetapi saat kamu mengerjakannya secara konsisten, jumlah uang yang telah ditabung atau dihemat ternyata cukup lumayan.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Zhang Yiming adalah pendiri dari ByteDance dan menjadi salah satu orang terkaya di China saat ini. Total kekayaan Zhang ditaksir mencapai US$ 16,2 miliar atau setara Rp 228 triliun....
  • HOT !
    Melalui salah satu surat kabar pada hari Rabu (18/11/2020) lalu, Presiden Prancis, Emmanuel Macron disebut telah mengeluarkan ultimatum kepada Dewan Ibadah Muslim Prancis (CFCM/Conseil Francais du Culture Musulman), selama 15 hari terhitung dari surat kabar itu diterbitkan....
  • HOT !
    Mimpi biasa disebut sebagai bunga tidur yang bisa menambah nyenyak atau memperburuk kualitas tidur kita. Tak jarang, banyak mitos yang kerap menafsirkan mimpi dengan sebuah kejadian baik maupun buruk....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)