home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Begini Cara Astronaut Buang Air di Luar Angkasa

Jumat, 16 Oktober 2020 14:15 by SidikTri | 337 hits
Ternyata Begini Cara Astronaut Buang Air di Luar Angkasa
Image Source: Doc Nassa Johnson

DREAMERS.ID - Pernahkah timbul rasa penasaran di pikiran kalian tentang bagaimana cara astronaut buang air di luar angkasa? Seperti kita ketahui, di luar angkasa tidak ada gravitasi, mungkinkah ada ruang toilet khusus di pesawat luar angkasa atau mungkin ada alat khusus untuk buang air?

Melauli satu video yang diunggah di chanel Youtube Nassa Johnson, komandan ISS Chris Cassidy menjawab pertanyaan urusan hajat tersebut. Dalam video yang berjudul How to Use The Bathroom in Space itu, Cassidy memberikan tur ke toilet di ISS dan menjelaskan secara rinci cara astronaut menggunakan toilet luar angkasa itu.

Ternyata saat ini para astronaut di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) buang air besar melalui lubang toilet yang seukuran piring kecil. Toilet tersebut dibekali dengan ember besi sebagai penampung kantong plastik berisi kotoran. Ember tersebut bisa menampung hingga 30 kali buang air besar.

Setelah selesai buang air besar, kotoran astronaut ditampung dalam kantong plastik. Astronaut kemudian harus menyodok plastik tersebut ke dalam penampung lalu memasang kantong plastik yang baru.

Melansir CNN Indonesia yang mengutip dari IFL Science, kotoran akan dikirim dengan kapal kargo menuju Bumi. Untuk buang air kecil, astronaut akan mendapatkan selang vakum. Selang vakum itu dilengkapi dengan kipas angin yang menyedot cairan apapun.

Biaya untuk pengadaan toilet luar angkasa tersebut ternyata sangat besar. Melansir Space, NASA diketahui telah menggelontorkan anggaran sebesar US$23 juta atau Rp343,9 miliar (kurs Rp14.952) untuk membangun toilet tersebut.

(sidk)

Komentar
  • HOT !
    Pada tanggal 24 – 30 September 2020, Lembaga Survei Indikator Politik melakukan survei pemilihan capres yang akan maju di tahun 2024. Survei yang melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak....
  • HOT !
    Sekarang ini internet seperti sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat, bahkan ada yang menganggap dirinya tidak bisa hidup tanpa internet. Oleh karena itu kita pasti akan sangat merasa beruntung jika bisa mendapatkan koneksi internet gratis untuk waktu yang lama....
  • HOT !
    Pangeran Arab Saudi, Nawaf bin Saad bin Saud bin Abdulaziz Al Saud dikabarkan wafat pada Selasa (20/10). Kematiannya menambah panjang daftar pangeran Arab yang meninggal dunia di tahun 2020 ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)