home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tanpa Sadar, Kamu Mungkin Lakukan 5 Pemborosan Ini Selama Pandemi

Kamis, 15 Oktober 2020 14:45 by SartikaF | 353 hits
Tanpa Sadar, Kamu Mungkin Lakukan 5 Pemborosan Ini Selama Pandemi
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Wabah Covid-19 telah membuat Indonesia mengubah gaya hidup banyak orang, seiring dengan perubahan ekonomi masing-masing, baik itu bekerja di rumah maupun mengalami pemutusan kerja. Walau merasa sudah berhemat, namun tanpa sadar bisa saja kamu melakukan pemborosan.

Dengan berada di rumah saja, banyak orang cenderung merasa lebih hemat karena tidak membayar ongkos transportasi maupun makan siang di kantor. Apalagi yang tidak bekerja, sangat disarankan untuk tidak berbelanja menghabiskan uang.

Tapi tanpa sadar, kebiasaan sehari-hari ini juga termasuk pemborosan, mengutip Suara.com dari Money Crashers.

1. Mesin cuci dengan pengering pakaian

Walau memiliki iklim tropis, di mana sinar matahari mudah didapatkan dari manapun, namun kebanyakan warga indonesia menggunakan mesin cuci dengan pengering untuk mempercepat pekerjaannya. Sadarkah kalian jika biaya listrik semakin membengkak karena mesin tersebut?

2. Air minum

Dibanding memasak air dari keran, sebagian besar masyarakat lebih menyukai membeli air galon. Jika dihitung, biaya air galon per bulan pasti cukup besar. Untuk berhemat, buatlah air dengan cara memasak di rumah.

3. Layanan televisi kabel atau streaming

Saat ini berlangganan televisi kabel atau streaming merupakan aktivitas yang sangat populer selama pandemi Covid-19, karena semakin banyak variasi hiburan untuk melepas penat di rumah. Padahal berlangganan layanan streaming mungkin tidak terlalu diperlukan.

Walau biayanya murah dalam sebulan, tetapi jika diakumulasikan bisa menjadi tabungan yang besar. Melihat data dari Netflix, selama pandemi penambahan jumlah pengguna di Indonesia sebanyak 10.2 juta selama kuartal 2020.

4. Microwave

Sangat tidak lengkap rasanya jika libur kerja tetap di rumah tanpa melakukan hal menarik seperti bikin kue atau popcorn, untuk camilan. Penggunaan microwave terlalu sering untuk membuat camilan itu juga bisa sebagai bentuk pemborosan lho.

5. Biaya minum kopi

Minum kopi menjadi semacam gaya hidup baru selama beberapa waktu belakangan ini di Indonesia. Membeli kopi di kedai kopi pun semacam kebiasaan yang tanpa sadar dilakukan, begitu merasa haus, panas, atau mengantuk. Dan akhirnya menjadi pemborosan yang tidak sadar dilakukan.

Daripada membeli kopi yang bisa mencapai Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu lebih baik membuatnya sendiri dengan kopi bubuk.

Nah kalau sudah tau celahnya, sudah siapkan untuk berhemat demi masa depan yang lebih baik?

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Statistik baru terkait angka bunuh diri yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan Jepang menunjukkan meningkatnya rasa putus asa di antara pria pekerja karena pandemi virus corona. Seperti pemutusan kerja, memburuknya kondisi tempat kerja, dan menguapnya bonus akhir tahun....
  • HOT !
    Saat ini para remaja semakin banyak yang pandai mencari peluang bisnis, sama halnya dengan Li Xinze. Remaja berusia 20 tahun ini telah mnjadi seorang CEO di usia terhitung sangat amat muda....
  • HOT !
    Seorang jurnalis asal Amerika Serikat, sekaligus penulis biografi Timothy O’Brien untuk Presiden Amerika Serikat yaitu Donald Trump di awal era 2000an, mengatakan bahwa presiden adalah salah satu orang yang paling beruntung di seluruh dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)