home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bocah 12 Tahun Jadi Ilmuwan Termuda Reaktor Nuklir, Masuk Rekor Dunia!

Senin, 12 Oktober 2020 15:50 by RizkiSetiawaan | 445 hits
Bocah 12 Tahun Jadi Ilmuwan Termuda Reaktor Nuklir, Masuk Rekor Dunia!
Image source: kumparan.com

DREAMERS.ID - Pada usia 12 tahun, anak-anak pada umumnya disibukan dengan bermain game, mengerjakan tugas sekolah, dan lainnya. Berbeda dengan Jackson Oswalt di usia 12 tahun sudah disibukkan dengan membangun reakor fusi nuklir.

Dengan kecerdasaan yang dimilikinya, ia berhasil mencatat Guinness World Record sebagai orang paling muda dengan usia 12 tahun yang berhasil membuat reakor fusi nuklir rumahan di kota Memphis Tennessee, Amerika Serikat.

Melansir Okezone, Jackson berhasil memadukan dua atom deunterium menjadi sekering meja kecil. Reaktor itu adalah perangkat yang memanfaatkan medan listrik untuk memanaskan ion hingga suhu ekstrem yang mampu memfasilitasi fusi nuklir.

Reaksi fusi nuklir sendiri adalah reaksi penggabungan inti atom ringan menjadi inti atom yang lebih berat dan menghasilkan energi. Reaksi fusi adalah reaksi yang terjadi di matahari dan bintang-bintang di alam semesta serta di dalam bom hidrogen. reaksi fusi biasanya terjadi dalam kondisi yang teramat ekstrim seperti di matahari yang terjadi pada temperatur yang tinggi.

Di dalam videonya ia mengatakan, “Saya bisa menggunakan listrik untuk mempercepat dua atom deuterium secara bersamaan sehingga mereka bergabung menjadi atom helium-3, melepaskan neutron dan energi yang dapat digunakan untuk memanaskan air dan menghidukan mesin uap yang pada gilirannya menghasilkan listrik.

Keberhasilnya dalam membangun reakor nuklir telah diverifikasi oleh banyak pihak, dan butuh 3 tahun Guinness World Records untuk memverifikasinya. Dengan adanya berita semoga menjadi inspirasi bagi para anak-anak di Indonesia.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)