home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sejarah Baru, Untuk Pertama Kalinya WTO Akan Dipimpin oleh Wanita

Jumat, 09 Oktober 2020 20:10 by SidikTri | 297 hits
Sejarah Baru, Untuk Pertama Kalinya WTO Akan Dipimpin oleh Wanita
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pada Kamis 8 Oktober mengumumkan dua finalis yang akan menjadi kandidat Direktur Jenderal WTO selanjutnya. Keduanya menjadi calon dari pemimpin WTO wanita pertama sepanjang sejarah.

Dua kandidat tersebut yaitu Yoo Myung Hee yang merupakan menteri perdagangan Korea Selatan. Dan Ngozi Okonjo Iweala, mantan menteri keuangan Nigeria. Kandidat yang akan terpilih nantinya akan menggantikan Direktur jenderal WTO sebelumnya, Roberto Azevedo dari Brazil.

Roberto Azevedo membuat pengumuman mengejutkan di bulan Mei lalu, bahwa dia akan meninggalkan pekerjaannya setahun lebih awal dengan alasan "keputusan pribadi". Roberto akhirnya meninggalkan jabatannya pada 31 Agustus lalu.  

Yoo dan Ngozi dipilih dari total lima kandidat. Tiga kandidat lainya yaitu Amina Mohamed mantan menteri perdagangan dari Kenya, Mohammad Maziad Al-Tuwaijri mantan menteri ekonomi Saudi, dan Liam Fox mantan menteri Perdagangan Internasional Inggris.

Ini akan menjadi sejarah baru karena untuk pertama kalinya posisi Direktur Jenderal WTO akan dijabat oleh seorang wanita. Juru bicara WTO Keith Rockwell, mengatakan bahwa kedua kandidat wanita tersebut telah membuat para panitia seleksi terkesan karena mereka memiliki kualitas yang sangat baik

“Kedua putri yang berada di babak final sangat berkualitas. Ini adalah sesuatu yang disetujui semua orang," kata Keith Rockwell, dikutip Liputan 6. “Kami sudah terkesan dengan mereka sejak awal,” tambahnya.

Lewat akun Twitter pribadinya, Yoo Myung Hee mengatakan bahwa ia merasa terhormat karena terpilih menjadi finalis. “Sangat berterima kasih dan merasa terhormat terpilih untuk putaran final dalam proses seleksi Direktur Jenderal @WTO berikutnya!” tulis wanita bergelar sarjana hukum tersebut.

(sidk)

Komentar
  • HOT !
    Di tengah polemik Habib Rizieq dan keramaiannya yang diikuti dengan pemanggilan polisi. Muncul dokumen yang menyebutkan bahwa ia positif COVID 19. Kabar itu tentu membuat heboh, apalagi hasil tesnya tidak terungkap hingga saat ini....
  • HOT !
    Pada Selasa (1/12) sekitar pukul 13.45 WIBmassa mendatangi rumah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Kelurahan Bugih, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Padahal saat itu, Mahfud tidak di sana dan rumah tersebut tinggali oleh sang ibu....
  • HOT !
    Setelah sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengumumkan dirinya positif COVID 19, kini Gubernur Anies Baswedan juga dinyatakan positif usai terpapar virus corona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)