home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jarak Mendekat, Mars Bisa Terlihat dari Bumi Sepanjang Bulan Oktober?

Jumat, 09 Oktober 2020 19:10 by RandyW | 235 hits
Jarak Mendekat, Mars Bisa Terlihat dari Bumi Sepanjang Bulan Oktober?
Image Source: Pikiran Rakyat

DREAMERS.ID - Mars adalah salah satu planet yang ada di Galaksi Bima Sakti dan planet yang paling dekat dengan bumi. Di bulan Oktober ini, Mars akan bersinar lebih terang dari pada titik lain dalam setahun.

Pada tanggal 6 Oktober 2020 telah terjadi fenomena langkah, planet Mars bisa dilihat dengan mata telanjang alias tanpa bantuak teleskop. Planet Mars terlihat lebih terang karena jarakya ke Bumi sangat dekat, sekitar 38,6 juta kilometer.

Dikutip dari laman detik, fenomena ini terjadi setelah 15 tahun, dan akan terjadi lagi pada September 2035. Sebagai informasi, jarak planet Mars sekitar 62,1 juta kilometer, sedangkan jarak paling jauh sekitar 401 juta kilometer.

Melansir dari Thrillist, pada 13 Oktober, Mars akan menghadapi oposisi, sebuah titik ketika Bumi berada tepat di antara matahari dan Mars. Saat itulah Mars akan berada pada titik paling terang mutlak untuk tahun ini, di mana akan muncul saat matahari terbenam dan tetap terlihat hingga matahari terbit.

Namun, kalian tidak harus keluar pada 13 Oktober malam saja untuk menikmati Mars. Pasalnya, planet berwarna merah jingga itu menjadi sangat cerah sepanjang bulan. Faktanya, itu akan menjadi objek paling terang keempat di langit setelah matahari, bulan, dan Venus si bintang pagi.

Peristiwa Mars mendekati Bumi juga menjadi salah satu alasan Amerika Serikat (AS), China, Uni Emirat Arab (UEA) meluncurkan misi ke Mars pada Juli dan awal Agustus lalu. Dengan memanfaatkan fenomena alam ini maka jarak tempuh dari Bumi ke Mars semakin singkat.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Statistik baru terkait angka bunuh diri yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan Jepang menunjukkan meningkatnya rasa putus asa di antara pria pekerja karena pandemi virus corona. Seperti pemutusan kerja, memburuknya kondisi tempat kerja, dan menguapnya bonus akhir tahun....
  • HOT !
    Saat ini para remaja semakin banyak yang pandai mencari peluang bisnis, sama halnya dengan Li Xinze. Remaja berusia 20 tahun ini telah mnjadi seorang CEO di usia terhitung sangat amat muda....
  • HOT !
    Seorang jurnalis asal Amerika Serikat, sekaligus penulis biografi Timothy O’Brien untuk Presiden Amerika Serikat yaitu Donald Trump di awal era 2000an, mengatakan bahwa presiden adalah salah satu orang yang paling beruntung di seluruh dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)