home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diputar Selama 639 Tahun, Ini Musik Terpanjang di Dunia

Selasa, 22 September 2020 23:00 by Rie127 | 537 hits
Diputar Selama 639 Tahun, Ini Musik Terpanjang di Dunia
Image Source: Universes in Universe

DREAMERS.ID - Jika berbicara mengenai sungai terpanjang, gunung tertinggi, film berdurasi terpanjang di dunia pasti beberapa orang sudah pernah mendengarnya. Namun, tahukah kamu bahwa ada musik terpanjang di dunia?

As Slow as Possible (ASLSP), merupakan musik yang memiliki durasi terpanjang di dunia. Musik yang dirancang oleh komposer mendiang John cage ini, akan terus dimainkan selama 639 tahun di Gereja Burchadi, Jerman.

Musik ini telah dimainkan sejak tahun 2001 menggunakan organ yang dibuat secara khusus. Alat ini didesain secara khusus sehingga musik yang ditampilkan berjalan dengan amat lambat.

Waktu itu sempat ada jeda sementara selama 18 bulan, dan pembaruan notasi terbaru pada 2013. Jika pertunjukan sesuai dengan rencana, maka pertunjukan alunan musik terpanjang di dunia ini diperkirakan akan berakhir pada tahun 2640.

Baca juga: 8 Musisi Indonesia yang Meninggal Dunia di Tahun 2020

Tepat 2020 ini, pergantian akor di organ itu sudah dilakukan sejak pembaruan notasi pada 2013. Pergantian untuk akor baru di organ tersebut rencananya akan dilakukan lagi pada Februari 2022.

“Dengan upacara yang khidmat di bawah arahan Rainer O Neugebauer dengan dibantu oleh Kay Lautenbach dan dua pemain organ Johanna Vargas dan Julian Lembke, telah menyelesaikan peraikan pipa organ. Banyak para pengunjung yang antusias mengikuti jalannya pergantian akor yang baru”. tulis pernyataan dari situs resmi ASLSP dilansir dari CNN.

Cage sendiri menulis komposisi musik ini pada 1985 untuk alat musik piano. Dia kemudian mengadaptasinya ke alat musik organ dua tahun kemudian. Komposisi itu disebut amat rumit sehingga mengundang penasaran sejumlah musisi.

Pada 1997 atau lima tahun setelah Cage meninggal, simposium organ di Kota Trossingen, Jerman, membedah bagaimana karya tersebut dipahami, dan pada akhirnya bisa dimainkan.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)