home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

WHO Peringatkan Pandemi Lain Setelah Corona, Peneliti: Ada 30 Virus

Rabu, 09 September 2020 16:08 by muthiasp | 313 hits
WHO Peringatkan Pandemi Lain Setelah Corona, Peneliti: Ada 30 Virus
Image source: niemanlab

DREAMERS.ID - Dunia dihantui dengan berbagai macam penyakit seiring dengan perkembangan jaman. Saat ini sedang menghadapi pandemi virus corona yang belum usai, sudah ada peringatan bahwa akan ada pandemi lain yang muncul.

Dilansir dari laman CNBC Indonesia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melalui pemimpinnya Tedros Adhanom Ghebreyesus memperingatkan masyarakat dunia untuk bersiap menghadapi pandemi berikutnya. "Ini bukan pandemi terakhir," kata Tedros dalam jumpa pers di Jenewa, dikutip dari Reuters.

"Sejarah mengajarkan kita bahwa wabah dan pandemi adalah fakta kehidupan. Tetapi ketika pandemi berikutnya datang, dunia harus siap - lebih siap daripada saat ini," ujar Tedros Adhanom Ghebreyesus. Mengutip Jawapos, peneliti menyebut ada 30 virus yang bisa mengancam menjadi pandemi serupa.

Untuk itu, Tedros meminta agar setiap negara mengucurkan dana investasi lebih dalam sektor kesehatan masyarakat, mengingat pandemi memakan banyak korban. Seperti corona yang sudah menginfeksi lebih dari 27,19 juta di dunia, dan memakan korban meninggal 888.326 jiwa sejak Desember 2019.

Belajar dari sejarah, mungkin virus SARS di tahun 2002 dapat dibendung. Namun Flu Spanyol di tahun 1918 hingga 1920 menewaskan sekitar 50 juta orang dengan sepertiga populasi dunia terinfeksi virus H1N1. WHO juga mengimbau agar jangan terburu-buru melepas vaksin karena dapat menimbulkan masalah.

"Ada risiko memperkenalkan vaksin yang belum dipelajari secara memadai dan mungkin ternyata memiliki kemanjuran yang rendah. Sehingga tidak mengakhiri pandemi ini atau malah memperburuk, karena profil keamanan yang tidak dapat diterima," ujar Kepala Ilmuan WHO Dr. Soumya Swaminathan.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO, Mike Ryan juga meminta negara dan pengembang vaksin mengumpulkan data yang lebih memadai. Terutama ke jenis populasi mana vaksin akan disalurkan.

(mth)

Komentar
  • HOT !
      Setiap tahun, majalah TIME menerbitkan daftar 100 orang yang dianggap paling berpengaruh. Tidak mudah untuk masuk ke dalam daftar itu, karena semua yang terpilih dikatakan telah mengubah dunia dengan cara tertentu, terlepas dari konsekuensinya....
  • HOT !
    Belakangan ini hujan lebat melanda sejumlah wilayah di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Belum berakhir, BMKG memberikan peringatan bahwa cuaca ekstrem akan melanda hampir seluruh Indonesia selama sepekan ke depan....
  • HOT !
    Satuan Tugas Nasional Penanganan COVID 19 saat ini tengah mengembangkan teknologi masker kain yang memiliki lapisan sebanyak 5 lapis, untuk mencegah penyebaran virus corona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)