home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Awan Mirip Tsunami Muncul di Langit Aceh, Ini Penjelasan BMKG

Senin, 10 Agustus 2020 17:15 by muthiasp | 679 hits
Heboh Awan Mirip Tsunami Muncul di Langit Aceh, Ini Penjelasan BMKG
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Warga Aceh, khususnya yang berada di Aceh Barat dan Nagan Raya dihebohkan dengan fenomena awan mirip gelombang tsunami di langit pada Senin (10/8) pagi. Foto dan video yang diabadikan warga pun langsung viral di media sosial.

Awan tersebut muncul dalam bentuk yang sangat besar dan warna gelap, dengan siluet yang menyerupai gelombang tsunami. Tentu membuat warga panik mengingat trauma dari tsunami besar di tahun 2006 lalu masih jelas dirasakan.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh, Zakaria, menjelaskan bahwa itu adalah awan Arcus bagian dari awan Cumulonimbus yang membentuk gulungan ombak.

Awan Cumulonimbus memiliki ciri khas tinggi, padat, dan besar yang mana menjadi pembawa badai petir, hujan, dan cuaca dingin lainnya. Warga pun diminta tidak panik namun tetap waspada, khususnya nelayan agar tidak melaut.

Lebih lanjut menurut Zakaria, awan tersebut bisa menimbulkan angin kencang, hujan lebat disertai kilat, petir, angin puting beliung atau hujan es. "Bila terlihat awan itu agar cepat-cepat mencari perlindungan, jangan bertahan di lapangan terbuka dan bagi nelayan agar segera berlabuh ke darat," katanya.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Virus corona atau COVID 19 kini juga sudah menyasar kalangan pejabat. Setelah beberapa PNS hingga pimpinan daerah, kini Menteri Agama Fachrul Razi juga dikonfirmasi positif COVID 19....
  • HOT !
    Satuan Tugas Nasional Penanganan COVID 19 saat ini tengah mengembangkan teknologi masker kain yang memiliki lapisan sebanyak 5 lapis, untuk mencegah penyebaran virus corona....
  • HOT !
    Mayat seorang wanita ditemukan di danau dekat kediaman Kate Middleton dan Pangeran William di Istana Kensington pada 29 Agustus 2020. Polisi tengah menyelidiki identitas korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)