home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Simak Lagi Kutipan Pedoman Protokol Jenazah COVID-19 Setelah Foto Terbungkus Plastik Viral

Jumat, 17 Juli 2020 17:10 by reinasoebisono | 452 hits
Simak Lagi Kutipan Pedoman Protokol Jenazah COVID-19 Setelah Foto Terbungkus Plastik Viral
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Sempat dan masih menjadi viral sebuah foto jepretan fotografer majalan National Geographic yang memperlihatkan kondisi jenazah korban virus corona atau COVID-19 yang terbungkus rapat dengan plastik-plastik.

Dari siluet tubuh manusia terbungkus di atas kasur rumah sakit itu, sang fotografer Joshua Irwandi menyebut jika foto ini menjadi pengingat dampak nyata dari pendemi COVID-19. Sebagai informasi, foto ini adalah salah satu materi majalah edisi Agustus 2020.

"Memotret korban virus Corona di Indonesia adalah tugas fotografi paling memilukan dan menyeramkan yang pernah saya lakukan. Dalam pikiran saya saat itu, apa yang terjadi pada orang ini bisa saja dialami oleh orang yang saya sayang, orang yang kita semua sayang," tulis Joshua seperti dikutip dari Instagramnya @joshirwandi, pada Jumat (17/7) via laman Detik.

Foto ini pun diunggah ulang oleh para pengguna media sosial lain dan tentu mengundang beragam reaksi netizen. Ada yang menganggapnya sebagai peringatan, namun ada juga yang menyebut foto ini berlebihan dan hanya menakut-nakuti.

Baca juga: Update Pergub Baru: Bisa Didenda Sampai Satu Juta Jika Tak Pakai Masker Berulang?

"Tapi masih ada aja yang ambil paksa jenazah dan ngotot mau dimandikan," komentar satu pengguna Facebook.

Dan untuk diingat kembali, ada aturan dalam menangani jenazah pasien virus corona atau COVID-19. Dalam pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, memang ada pemulasaraan khusus untuk jenazah pasien positif Corona. Tujuannya mencegah potensi penyakit menyebar lebih jauh.

"Jenazah harus terbungkus seluruhnya dalam kantong jenazah yang tidak mudah tembus sebelum dipindahkan ke kamar jenazah," tulis pedoman.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama ingin masyarakat mengirim pesan teks atau SMS padanya terkait pemilihan Presiden Amerika Serikat pada 3 November mendatang. Ia pun membagikan nomor ponsel di Instagram dan Twitter miliknya....
  • HOT !
    Jika berbicara mengenai sungai terpanjang, gunung tertinggi, film berdurasi terpanjang di dunia pasti beberapa orang sudah pernah mendengarnya. Namun, tahukah kamu bahwa ada musik terpanjang di dunia?...
  • HOT !
    PSBB Total diberlakukan di wilayah DKI Jakarta sejak Senin, 14 September lalu bertujuan agar dapat mengurangi kenaikan angka positif COVID 19. Maka masyarakat harus bekerja dari rumah dan tidak bepergian kemanapun agar mencegah penularan COVID 19....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)