home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Simak Lagi Kutipan Pedoman Protokol Jenazah COVID-19 Setelah Foto Terbungkus Plastik Viral

Jumat, 17 Juli 2020 17:10 by reinasoebisono | 549 hits
Simak Lagi Kutipan Pedoman Protokol Jenazah COVID-19 Setelah Foto Terbungkus Plastik Viral
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Sempat dan masih menjadi viral sebuah foto jepretan fotografer majalan National Geographic yang memperlihatkan kondisi jenazah korban virus corona atau COVID-19 yang terbungkus rapat dengan plastik-plastik.

Dari siluet tubuh manusia terbungkus di atas kasur rumah sakit itu, sang fotografer Joshua Irwandi menyebut jika foto ini menjadi pengingat dampak nyata dari pendemi COVID-19. Sebagai informasi, foto ini adalah salah satu materi majalah edisi Agustus 2020.

"Memotret korban virus Corona di Indonesia adalah tugas fotografi paling memilukan dan menyeramkan yang pernah saya lakukan. Dalam pikiran saya saat itu, apa yang terjadi pada orang ini bisa saja dialami oleh orang yang saya sayang, orang yang kita semua sayang," tulis Joshua seperti dikutip dari Instagramnya @joshirwandi, pada Jumat (17/7) via laman Detik.

Foto ini pun diunggah ulang oleh para pengguna media sosial lain dan tentu mengundang beragam reaksi netizen. Ada yang menganggapnya sebagai peringatan, namun ada juga yang menyebut foto ini berlebihan dan hanya menakut-nakuti.

Baca juga: Pakar Singgung Indonesia Punya ‘Super Immunity’ Soal Infeksi Corona Dibanding Singapura

"Tapi masih ada aja yang ambil paksa jenazah dan ngotot mau dimandikan," komentar satu pengguna Facebook.

Dan untuk diingat kembali, ada aturan dalam menangani jenazah pasien virus corona atau COVID-19. Dalam pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, memang ada pemulasaraan khusus untuk jenazah pasien positif Corona. Tujuannya mencegah potensi penyakit menyebar lebih jauh.

"Jenazah harus terbungkus seluruhnya dalam kantong jenazah yang tidak mudah tembus sebelum dipindahkan ke kamar jenazah," tulis pedoman.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)