home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mal di Jakarta Kembali Dibuka 15 Juni, Patuhi Protokol Kesehatannya

Kamis, 11 Juni 2020 14:15 by zia92 | 513 hits
Mal di Jakarta Kembali Dibuka 15 Juni, Patuhi Protokol Kesehatannya
Image source: Media Indonesia

DREAMERS.ID - Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta sudah dijalankan sejak 8 Juni lalu, dengan perkantoran dan beberapa ruang publik yang mulai beroperasi. Gubernur Anies Baswedan juga memutuskan untuk membuka kembali pusat perbelanjaan atau mal di ibu kota mulai 15 Juni.

Pembukaan sektor-sektor usaha akan dibuka secara bertahap dan harus menerapkan protokol kesehatan ketat. Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman memastikan sejumlah protokol kesehatan yang mesti diimplementasikan pengelola mal. Pertama, harus memiliki kapasitas lahan parkir luas dan akses publik yang memadai.

"Mal yang dibuka hendaknya berada di zona aman (hijau), memiliki kapasitas parkir luas dan juga akses public memadai. Selain itu, pembukaan gerai harus bertahap, utamakan yang menyangkut kebutuhan dasar masyarakat dulu seperti yang menyediakan bahan makanan, resto, dan keperluan harian," kata Dicky, mengutip CNN Indonesia, Kamis (11/6). "Area food court ditutup dulu dan hanya take away," sambungnya.

Ketiga, pengelola gerai perlu memastikan tempat usahanya telah memberikan informasi yang memadai terkait protokol kesehatan seperti pengunjung diimbau untuk jaga jarak. Keempat pada bagian kasir harus  dipasang pelindung tair (plexi glass) dan di pintu masuk gerai, tempatkan petugas untuk mengatur kapasitas pengunjung.

Kelima, setiap pengunjung mal wajib menggunakan masker dan tidak bergerombol lebih dari tiga orang, dan jangan lupa untuk selalu menjaga jarak. "Bagus bila skrining suhu saat masuk. Lansia dan anak di bawah 12 tahun, saya tidak sarankan ke mal dulu," pungkas Dicky.

Selain itu, Anies menyebut taman rekreasi, baik dalam ruangan maupun luar ruangan, baru bisa beroperasi pada 20 atau 21 Juni. Ia juga mengingatkan kapasitas tamu di tempat-tempat fasilitas umum harus dikurangi setengah dari kapasitasnya dengan tetap menerapkan social distancing.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Gilang, fetish kain jarik akhirnya berhasil ditangkap pihak kepolisian. Gilang ditangkap saat berada di kampung halamannya, Kapuas, Kalimantan Tengah pada Kamis (6/8/2020)....
  • HOT !
    Presiden Amerika Serikat Donald Trump adalah satu dari para tokoh yang masih meremehkan bahaya dari COVID 19. Bahkan hal itu diucapkannya dalam sesi wawancara bersama dengan Fox News beberapa waktu lalu....
  • HOT !
    Beberapa wilayah di Korea Selatan, termasuk ibukota Seoul, diguyur hujan lebat sejak akhir pekan kemarin. Hal itu membuat air sungai Han meluap dan membuat sejumlah wilayah mengalami banjir bandang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)