home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Balasan 'Murka' Donald Trump: Usir Pesawat Cina dari Amerika

Kamis, 04 Juni 2020 13:45 by reinasoebisono | 2041 hits
Balasan 'Murka' Donald Trump: Usir Pesawat Cina dari Amerika
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Di tengah kasus kericuhan menyerang berbagai negara bagian di Amerika Serikat akibat isu rasisme hingga menewaskan pria kulit hitam, George Floyd, Presiden Donald Trump dikabarkan murka dengan Cina.

Ia melarang maskapai Cina untuk terbang ke Amerika Serikat mulai bulan ini. Aksi ini dipicu dan dilakukan untuk membalas perlakuan pemerintah Cina yang juga melakukan kebijakan serupa. Melansir Detik pada Kamis (4/6), Cina memang melarang sejumlah maskapai Amerika untuk terbang lagi atau pun sebaliknya pada 1 Juni lalu akibat wabah virus corona atau COVID-19.

Kedua maskapai dari AS yang dilarang terbang lagi ke China yaitu Delta Airlines dan United Airlines. Kebijakan Trump ini pun seperti sebuah hukuman baru dari AS kepada China karena tidak patuh terhadap negeri Paman Sam.

Kebijakan pelarangan maskapai Cina masuk Amerika ini diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan AS pada Rabu kemarin dan mulai berlaku 16 Juni mendatang. Namun dari kabar yang beredar, Presiden Trump justru ingin kebijakan ini diberlakukan lebih cepat.

Baca juga: Donald Trump Akui Tidak Suka dengan Meghan Markle

"Kegagalan pemerintah China untuk menyetujui permintaan mereka merupakan pelanggaran terhadap Perjanjian Transportasi Udara," demikian pernyataan Kemenhub AS lewat email.

Seperti yang diketahui, hubungan antara Amerika Serikat dan Cina memang tengah tidak harmonis beberapa waktu belakangan. Sempat bersitegang karena banyak hal seperti saling tuding dalang penyebab virus corona, corona jenis baru sampai masalah Laut Cina Selatan jadi pemicunya.

Menurut pendapat sejumlah pengamat, hubungan Amerika Serikat dan China kini terjebak dalam Perang Dingin era baru. Ditakutkan ke depannya bisa terjadi konfrontasi antar kedua negara penguasa ekonomi dunia tersebut.

(rei)

Komentar
  • HOT !
      Setiap tahun, majalah TIME menerbitkan daftar 100 orang yang dianggap paling berpengaruh. Tidak mudah untuk masuk ke dalam daftar itu, karena semua yang terpilih dikatakan telah mengubah dunia dengan cara tertentu, terlepas dari konsekuensinya....
  • HOT !
    Belakangan ini hujan lebat melanda sejumlah wilayah di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Belum berakhir, BMKG memberikan peringatan bahwa cuaca ekstrem akan melanda hampir seluruh Indonesia selama sepekan ke depan....
  • HOT !
    Satuan Tugas Nasional Penanganan COVID 19 saat ini tengah mengembangkan teknologi masker kain yang memiliki lapisan sebanyak 5 lapis, untuk mencegah penyebaran virus corona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)