home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Contek Tips Menolak Tamu Kala Pandemi Ala Imam Besar Istiqlal Nasarudin Umar

Rabu, 27 Mei 2020 10:25 by reinasoebisono | 626 hits
Contek Tips Menolak Tamu Kala Pandemi Ala Imam Besar Istiqlal Nasarudin Umar
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Dalam suasana Idul Fitri akhir pekan lalu, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar memberikan saran kepada para netizen tentang bagaimana menolak tamu yang ingin silaturahim di masa pandemi corona ini secara halus. Dan bukan tidak mungkin tips-tips ini dilakukan selepas masa Lebaran pula.

"Pakai seni," ujar Nasaruddin via Liputan6.

Ia mengatakan jika dengan seni, seseorang bisa menolak tamu secara halus tanpa harus menyakiti. Ia mencontohkan para seniman yang menyindir ataupun menyinggung pemerintahan tanpa mengeluarkan kata maupun perbuatan yang kasar.

"Mereka yang memiliki jiwa seni bisa menyindir pemerintah dengan karyanya, seperti puisi, dengan sastra," kata Nasaruddin.

Selain itu, Nasaruddin juga menyarankan cara menolak menerima tamu saat pandemi COVID-19 ini adalah dengan cara mengirimkan pesan maaf terlebih dulu kepada para tetangga maupun kerabat dan saudara melalui aplikasi pesan mau pun media sosial sebelum mereka berpikir untuk berkunjung secara langsung.

Baca juga: Detail Sorotan Tajam Jokowi Dalam Penanganan COVID-19: Hilangkan Ego dan Jangan Datar-datar Saja!

"Atau mungkin sebelum mereka ingin bertamu kita bisa mengirimkan terlebih dahulu permintaan maaf lewat WA, sehingga mereka berpikir, 'Oh, dia sudah meminta maaf, sepertinya tak perlu mendatangi rumahnya.'," sarannya.

Saran lain yang diberikan Nasaruddin yakni dengan menutup pagar dan pintu rumah secara rapat. Jika tak ampuh, menurut Nasaruddin, seseorang bisa menyediakan sabun pencuci tangan dengan air mengalir di depan rumah.

"Atau di pagar, kalau biasanya agak terbuka, ini ditutup agak rapat, biar orang terdekat yang ingin bertamu berpikir bahwa ini bukan waktu yang tepat untuk bertamu," kata dia.

"Atau bisa juga di depan rumah kita siapkan sabun cuci tangan. Hal-hal tersebut saya rasa bisa akan dipahami oleh tetangga. Kita harus menggunakan cara-cara halus yang tidak menginggung," kata Nasaruddin.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Park Won Soon yang ditemukan tewas diduga kuat bunuh diri di pegunungan utara Seoul setelah 7 jam pencarian kini makin jadi pembicaraan. Pasalnya, Park sempat dilaporkan atas duhaan kasus pelecehan terhadap sekretarisnya, plus beberapa track record nya dulu....
  • HOT !
    Heboh pemberitaan tentang seorang anak berusia 13 tahun yang meregang nyawa akibat dililit oleh ular sanca, ketika sedang bermain bersama teman temannya, di Kali Rawa Buntu, Serpong, Tangerang Selatan....
  • HOT !
    Pihak Starbucks Indonesia langsung memecat pegawainya yang melakukan aksi pelecehan seksual terhadap pelanggan, usai videonya viral di media sosial. Kini, mantan pegawai itu telah ditangkap oleh Polres Metro Jakarta Utara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)