home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal Konsep New Normal yang Segera Diterapkan Indonesia, Sudah Siap?

Selasa, 26 Mei 2020 12:15 by muthiasp | 2219 hits
Mengenal Konsep New Normal yang Segera Diterapkan Indonesia, Sudah Siap?
Image source: France 24

DREAMERS.ID - Pandemi corona yang melanda dunia dan Indonesia telah mengubah tata cara kehidupan sehari-hari banyak orang. Kini, muncul konsep new normal yang diterapkan di berbagai negara, termasuk akan dijalani juga oleh warga tanah air. Tapi, apa sih new normal?

Dilansir dari laman Kompas, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmita mengatakan, new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

"Secara sosial, kita pasti akan mengalami sesuatu bentuk new normal atau kita harus beradaptasi dengan beraktivitas, dan bekerja, dan tentunya harus mengurangi kontak fisik dengan orang lain, dan menghindari kerumunan, serta bekerja, bersekolah dari rumah," jelas Wiku.

Konsep new normal yang juga dicanangkan oleh WHO ini akan berlangsung hingga ditemukannya vaksin penangkal virus corona, yang diprediksi paling cepat adalah pada tahun 2021 mendatang.

Baca juga: Sudah Mulai Dibuka, Ini Protokol Kesehatan untuk Klinik Kecantikan

Pemerintah pusat maupun daerah pun bersiap untuk menerapkan ini segera. Pada Selasa (26/5), Presiden Jokowi meninjau kesiapan prosedur penerapan new normal di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, seperti menggunakan masker, pemeriksaan suhu tubuh, hingga menjaga jarak.

Namun bahasan lebih dalam tentang pengurangan PSBB untuk menerapkan konsep new normal masih terus dilakukan. Pasalnya, Jokowi meminta agar dilakukan kajian yang detail sebelum menerapkan kebijakan pengurangan PSBB. Sehingga jika dilakukan, maka memungkinkan publik untuk menjalani kehidupan baru sambil mencegah penularan corona.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan protokol new normal untuk wilayah ibukota masih dalam proses dengan melihat apakah aturan PSBB akan berakhir atau diperpanjang.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Park Won Soon yang ditemukan tewas diduga kuat bunuh diri di pegunungan utara Seoul setelah 7 jam pencarian kini makin jadi pembicaraan. Pasalnya, Park sempat dilaporkan atas duhaan kasus pelecehan terhadap sekretarisnya, plus beberapa track record nya dulu....
  • HOT !
    Heboh pemberitaan tentang seorang anak berusia 13 tahun yang meregang nyawa akibat dililit oleh ular sanca, ketika sedang bermain bersama teman temannya, di Kali Rawa Buntu, Serpong, Tangerang Selatan....
  • HOT !
    Pihak Starbucks Indonesia langsung memecat pegawainya yang melakukan aksi pelecehan seksual terhadap pelanggan, usai videonya viral di media sosial. Kini, mantan pegawai itu telah ditangkap oleh Polres Metro Jakarta Utara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)